0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mantan Ketua PAC Daftar PPK

timlo.net/nanin
Mantan Ketua PAC salah satu partai ikut mendaftar menjadi anggota PPK (timlo.net/nanin)

Boyolali — Mantan Ketua PAC salah satu partai diketahui ikut mendaftar sebagai anggota PPK. KPU Boyolali masih melakukan pertimbangan untuk meloloskan atau tidak calon PPK tersebut. Keikutsertaan mantan ketua PAC mendaftar sebagai anggota PPK terungkap dalam tes wawancara.

”Selain pernah menjadi ketua PAC, yang bersangkutan saat ini bahkan masih aktif sebagai pengurus partai di tingkat cabang hingga tahun 2013. Calon anggota PPK tersebut berasal dari dari salah satu kecamatan di daerah pemilihan (dapil) II Boyolali yaitu, Kemusu, Juwangi, Wonosegoro, Karanggede,” ungkap Ketua KPU Boyolali, Siswadi Sapto, Selasa (5/5).

Pihaknya masih menunggu masukan dari masyarakat dan panwaslu. Sebab sebagai penyelenggara pilkada harus memastikan anggota PPK terpilih bukan orang partisan.

Sementara dalam tes wawancara calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) diikuti 174 orang. Mereka dinyatakan lolos setelah mengikuti tes tertulis. Berkas pendaftaran 174 calon anggota PPK sudah diserahkan ke Panwaslu untuk diteliti. KPU berharap masukan dari Panwaslu jika ada calon yang terindikasi tidak netral, partisan, atau tidak memenuhi persyaratan.

“Kalau yang partisan mudah ditelusuri,tapi yang masuk daftar kepengurusan sulit untuk ditelusuri,” tandasnya.

Ditambahkan, anggota KPU, Pargito, tes wawancara yang dilakukan seputar masalah integritas dan netralitas. Selain masalah integritas, calon anggota PPK juga ditanya mengenai strategi meraih target partisipasi pemilih. Strategi itu meliputi cara bersosialisasi dan menentukan lokasi TPS. Anggota PPK harus bisa mencari lokasi yang strategis setidaknya bisa dijangkau oleh pemilih dari beberapa TPS yang dihapus.

“PPK harus punya strategi agar partisipasi pemilih sesuai target partisipasi nasional yakni 77,5 persen,” tandasnya.

Tes wawancara calon anggota PPK dilaksanakan lima hari hingga Sabtu (9/5). Setelah dari dapil II, tes wawancara hari selanjutnya secara berturut-turut adalah dapil IV (Ngemplak, Sambi, Banyudono, Sawit), dapil III (Nogosari, Andong, Klego, Simo), dapil V (Musuk, Cepogo, Selo), dan dapil I (Ampel, Boyolali Kota, Teras, Mojosongo).

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge