0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Data KK Miskin Enam Kecamatan Belum Masuk

timlo.net/nanin
Jelang batas akhir, data verifikasi enam kecamatan di Kabupaten Boyolali terkendala kartu keluarga lama (timlo.net/nanin)

Boyolali — Menjelang batas terakhir proses pendataan dan verifikasi keluarga miskin, masih ada enam kecamatan yang sama sekali belum mengumpulkan data. Lambatnya pendataan di enam kecamatan tersebut karena terkendala kepemilikan kartu keluarga dan NIK.

“KK yang digunakan masih KK lama belum Oracle,” ungkap Kepala Dinsosnakertrans Boyolali, Purwanto, Selasa (5/5).

Namun demi mengejar target, pihaknya memberi kemudahan kepada warga miskin yang masih memiliki KK lama setelah melakukan konsultasi dengan Kementerian sosial. Sementara enam kecamatan yang belum menyetorkan data KK miskin, Ngemplak, Cepogo, Sambi, Andong, Teras dan Kemusu.

Disisi lain, Koordinator Tenaga Sosial Kesejahteraan Kecamatan (TSKS) Kementrian Sosial untuk wilayah Boyolali, Taufik Agus Nugroho, validasi data kemiskinan saat ini baru masuk 35 persen. Selain enam kecamatan, diakui masih banyak kecamatan lain yang belum lengkap datanya. Kecamatan yang sudah lengkap datanya,diantaranya Karanggede dan Selo.

“Data yang sudah ada, untuk sementara sudah masuk ke Provinsi,” terang Taufik.

Sementara untuk mengejar target, pihaknya sudah meminta bantuan perangkat desa dan kecamatan untuk sesegera mungkin melakukan validasi warga miskin yang nantinya akan digunakan sebagai database pusat. Data tersebut untuk database program pemerintah seperti Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (PBI-JKN) dan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS).

“Pihak desa harus proaktif biar sebelum batas akhir semua data sudah masuk,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge