0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pohon di Solo bakal Diasuransikan

dok.timlo.net/agung widodo
Ilustrasi (dok.timlo.net/agung widodo)

Solo — Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Solo bakal mengasuransikan pohon di jalan protokol. Asuransi pohon itu supaya ketika ada kerugian yang ditimbulkan akibat pohon roboh, Pemkot bisa memberikan ganti rugi.

“Setiap kerugian akibat cuaca, puting beliung, akan ada hitung-hitungannya. Semacam santunan. Kalau jiwa ya santunan, kalau barang ganti rugi. Jadi, dari sisi penganggaran kita nggak kalah,” kata Kepala DKP Solo, Hasta Gunawan kepada wartawan, Selasa (5/5).

Menurut Hasta, pihaknya masih akan melakukan negosisasi dengan perusahaan asuransi. Negosiasi itu untuk menentukan hitung-hitungan klaim yang bakal disepakati. Hasta merencanakan, anggaran asuransi pohon ini akan diajukan di APBD Perubahan 2015.

“Untuk perubahan kan hanya beberapa bulan. Anggarannya dibawah Rp 100 juta. Kalau untuk setahun harapan kita ya Rp 100 juta cukup,” ujarnya.

Dia menambahkan, sistem asuransi pohon itu sudah diterapkan dibeberapa kota. Di antaranya DKI Jakarta dan beberapa kota lainnya.

Ditanya kenapa Pemkot tidak langsung memberikan ganti rugi kepada korban pohon tumbang, Hasta menyatakan hal itu tidak dimungkinkan dalam sistem penganggaran Pemkot. Salah satunya bisa saja pemberian ganti rugi lantaran faktor kedekatan.

“Sistem penganggarannya yang sulit. Kalau diberikan langsung nanti diberikan ke saudaranaya. Sistem penggaran yang tepat ya dengan asuransi itu,” ungkapnya.

Anggota Komisi II DPRD Solo, Taufiqurahman menyambut baik ide asuransi itu. Pasalnya, banyak potensi pohon roboh di Kota Solo. Pihaknya juga menerima keluhan masyarakat akan potensi pohon tumbang saat musim hujan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge