0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Situs Sepak Bola Australia Kagumi Lagu Satu Jiwa Pasoepati

dok.timlo.net/aryo
Pasoepati (dok.timlo.net/aryo)

Timlo.net—Sebuah situs sepak bola Australia nampak mengagumi dua lagu yang dinyanyikan para supporter Persis Solo, Pasoepati. Situs itu membandingkan lagu “Satu Jiwa” dan “Alap-alap Samber Nyawa” dengan lagu “You’ll Never Walk Alone”.

Lagu “You’ll Never Walk Alone” sendiri kerap dinyanyikan oleh grup supporter tim sepak bola Liverpool setiap kali kelompok itu mendukung tim kesayangan mereka bertanding. Hal yang sama dilakukan Pasoepati yang menyanyikan kedua lagu di atas selama Persis bertanding.

“Pasoepati, grup pendukung Persis Solo di divisi dua Indonesia..memiliki beberapa lagu yang dinyanyikan selama momen-momen penting dalam pertandingan sepak bola dan juga saat momen-momen tenang di pertandingan di mana tidak banyak hal terjadi di lapangan. Lagu untuk Persis Solo adalah Satu Jiwa atau ‘One Soul’, yang dibuat oleh The Working Class Symphony. Seperti ‘You’ll Never Walk Alone’ Satu Jiwa juga menyuguhkan ketabahan dalam menghadapi tantangan dan situasi sulit,” tulis situs TigerTigerBurningBright.com.au.

Situs itu juga membahas sedikit makna di balik judul lagu “Alap-alap Samber Nyawa”. “Samber Nyawa adalah nama pangeran legendaris dari Solo dan oleh karena itu menjadi tanda identitas mereka,” tulis situs itu. Andy sang penulis artikel menyatakan bahwa lagu ini mudah dinyanyikan sehingga cocok dipakai setiap anggota Pasoepati yang ingin mendukung klub sepak bola kesayangan mereka.

Dia lantas membandingkan situasi dunia sepak bola di Indonesia, Inggris dan Australia yang berbeda. Inggris dan Indonesia memiliki grup supporter yang loyal dan lagu-lagu kebanggaan untuk dinyanyikan saat mendukung tim kesayangan mereka.

Demografis para penggemar sepak bola di Inggris dan Indonesia didominasi para pria. Sementara di Australia, jumlah pria dan wanita pencinta sepak bola nyaris seimbang. Dia beranggapan bahwa sulit menciptakan atmosfer serupa di lapangan sepak bola Australia, di mana para supporter bernyanyi bersama mendukung tim kesayangan mereka.

“Apakah kita punya lagu-lagu untuk dinyanyikan dalam pertandingan? Adakah lagu pop ballad yang bisa kita sebut sebagai lagu kita? Sebuah lagu yang kita semua tahu liriknya, yang bisa kita nyanyikan dalam perempat final untuk menaikkan semangat tim kita?” tanyanya.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge