0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

International Tour de Banyuwangi Ijen Dibuka Menpora

International Tour de Banyuwangi Ijen (dok.merdeka.com)

Timlo.net – International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) dibuka oleh Menpora Imam Nahrawi. Ia mengikuti acara ‘Cycling for All’ dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, pebalap dari 25 negara, wisatawan, dan warga Banyuwangi.

‘Cycling for All’ merupakan rangkaian pembuka acara sebelum balapan etape pertama resmi digelar pada Rabu (6/5).

“Pak Imam Nahrawi akan menuju Banyuwangi dengan pesawat Garuda Indonesia melalui Denpasar sore ini dan langsung bergabung dengan ribuan orang dalam acara ‘Cycling for All’, lalu membuka secara resmi Tour de Banyuwangi Ijen,” ujar Kepala Bagian Humas Pemkab Banyuwangi, Juang Pribadi.

Juang mengatakan, acara ini sekaligus dijadikan ajang pengenalan pebalap ke wisatawan dan warga.

“Merupakan konsep baru dalam penyelenggaraan Tour de Banyuwangi Ijen tahun ini,” ujar Juang.

International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) bakal digelar di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada 6-9 Mei mendatang. ITdBI adalah ajang balap sepeda yang sudah masuk agenda rutin (calendar of event) Persatuan Balap Sepeda Internasional Internasional (Union Cycliste Internationale/UCI) dan diselenggarakan tiap tahun sejak 2012.

Tahun ini, ITdBI diikuti para pebalap dari 25 negara, antara lain, Perancis, Belanda, Kolombia, Kanada, Amerika Serikat, Jerman, Italia, Jepang, Singapura, Thailand, Iran, Spanyol, Filipina, Malaysia, Filipina, Australia, Korea, Tiongkok, Thailand, Selandia Baru, Rusia, Portugal, Taiwan, Uni Emirat Arab, Uzbekistan.

ITdBI tahun ini menempuh empat etape dengan total panjang rute sejauh 555 kilometer. Rute ini ditempuh dengan mengelilingi wilayah Banyuwangi dan dipuncaki dengan berpacu mendaki Gunung Ijen, gunung berapi aktif yang terkenal di dunia dengan fenomena api biru alias “Blue Fire”-nya.

Tanjakan menuju Gunung Ijen di Banyuwangi dikenal sebagai salah satu yang terekstrem di Asia karena berada di ketinggian lebih dari 1.871 meter di atas permukaan laut (mdpl), melampaui tanjakan di Genting Highland dalam Tour de Langkawi Malaysia yang berada di ketinggian sekitar 1.500 mdpl.

[war]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge