0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tips Mengenali Bakso Boraks Hanya Dengan Tusuk Gigi

dok.merdeka.com
Bakso (dok.merdeka.com)

Timlo.net—Bakso dan mie ayam merupakan dua makanan yang umum dijumpai di Solo. Keduanya dijual dengan harga relatif terjangkau dan terasa lezat. Sayangnya, di masyarakat seringkali ditemukan bakso dan mie ayam yang mengandung boraks dan zat pengawet berbahaya lainnya.

Sayangnya saat ini metode untuk mengetahui apakah sebuah makanan mengandung boraks, tidak praktis. Sampel makanan harus dikirim ke laboratorium (lab) dulu untuk diuji. Hasil analisa baru bisa didapatkan beberapa jam atau beberapa hari kemudian.

Nah, dua siswi SMA 3 Semarang, Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila berhasil menemukan sebuah alat praktis untuk mendeteksi boraks pada makanan. Penemuan keduanya membuat mereka meraih emas dalam ajang kompetisi inovasi anak muda tingkat dunia, International Exhibition for Young Inventors (IEYI) yang berlangsung di Jakarta 30 Oktober – 1 November 2014.

Alat itu disebut Sibodec, stick of borax detector. Dengan alat ini, hanya diperlukan waktu 5 detik untuk mengetahui bila sebuah makanan mengandung boraks. Ternyata Sibodec dibuat dengan alat dan bahan sederhana. Kita bisa membuat sendiri alat ini. Yang perlu kita siapkan hanyalah tusuk gigi yang dicelup ke dalam larutan kunyit.

Larutan kunyit bereaksi dengan bahan kimia. Bila sebuah makanan mengandung boraks, maka tusuk gigi itu akan berubah warna menjadi merah. Praktis bukan?

(Berbagai sumber).

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge