0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hama Tikus Serang Lahan di Sawit

Serangan hama tikus kembali merebak di Sawit, hasil panen berkurang (timlo.net/nanin)

Boyolali — Serangan hama tikus di Kecamatan Sawit sempat mereda, namun kini kembali merebak. Serangan hama tikus ini dikeluhkan petani karena dikhawatirkan akan berpengaruh pada hasil panen, terutama tanaman padi.

“Banyak yang diserang, akibatnya hasil panen kurang maksimal,” keluh salah satu petani, Cipto Sarjono (58) warga Desa Guwokajen, Sawit, Senin (4/5).

Petani lain, Lanjar (58) , serangan tikus hampir terjadi di seluruh sawah milik petani Desa Guwokajen. Serangan tikus berpindah-pindah dari satu petak ke petak lainnya. Hasil panen yang biasanya bisa mencapai satu ton kini yang diperoleh dibawahnya. Sementara yang membingungkan petani, pola serangan berpindah-pindah.

“Tikus biasanya menyerang lahan dalam masa tanam, nanti kalau sudah dipanen, akan pindah ke lahan lainya yang sedang masa tumbuh,” imbuhnya.

Upaya pembasmian dengan sistim gropyokan sudah dilakukan, namun tidak bertahan lama. Dimana serangan akan berkurang, tapi tidak berapa lama kembali menyerang. Selain gropyokan, pihaknya juga melakukan gotong royong membersihkan saluran air dan rumput-rumput liar.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge