0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Boyolali, 213 Calon PPK Ikuti Ujian Tertulis

dok.timlo.net/nanin
Ujian seleksi calon anggota PPK di Boyolali (dok.timlo.net/nanin)
Boyolali — KPU Boyolali mengelar ujian tertulis bagi 213 pendaftar anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada 2015. Dari total pendaftar 219 orang, enam di antaranya harus gugur karena terkendala persyaratan
adminitrasi. Mayoritas kandidat PPK adalah anggota baru.

“Meski wajah baru, tapi mayoritas pernah menjabat di PPS,” ujar Ketua KPU Boyolali, Siswadi Sapto, Senin (4/5).

Dalam seleksi kali ini, Siswadi mengakui jumlah kandidat tiap kecamatan ada yang tak memenuhi jumlah ideal, yakni jumlah minimal 10 calon. Ada beberapa kecamatan yang kandidatnya hanya 6 atau 7 orang. Namun karena anggota PPK tiap kecamatan hanya 5 orang, jumlah pendaftar dianggap sudah memenuhi batas kebutuhan minimal calon per kecamatan.

“Nantinya akan kita ambil 95 orang untuk 19 kecamatan,penempatanya sesuai dengan domisili,” imbuhnya.

Sedang materi tes tertulis yang diujikan antara lain tentang tata kelola pemerintahan, teknis dan aturan penyelenggaraan Pilkada, serta pengetahuan tentang kewilayahan di Boyolali menyangkut informasi pelaksanaan Pemilu yang pernah diselenggarakan di Boyolali.

Sementara terkait dengan masih mungkinnya pelamar yang sudah dua periode Pilkada menjabat sebagai PPK yang nekat melamar, KPU baru bisa melakukan seleksi saat pelaksanaan tes wawancara yang akan dilangsungkan seusai ujian tertulis.

“Kemungkinan masih ada, tapi nanti dalam tes wawancara akan ketahuan dan secara otomatis akan dicoret,” tandas Anggota KPUD, Pargito.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge