0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polresta Solo Dukung Program Mediasi di Masyarakat

dok.timlo.net/achmad khalik
Wakapolresta Solo AKBP Guritno Wibowo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Polresta Solo mendukung upaya untuk dilakukan pertemuan atau mediasi antar warga guna menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Pasalnya, selama ini sejumlah warga enggan membicarakan masalah dan memilih melapor langsung ke polisi.

“Kami telah membuat konsep, untuk menyosialisasikan permasalahan dengan solusi diambil oleh masyarakat sendiri (mediator creative berakthrough). Jadi, kreativitas masyarakat didorong agar menyelesaikan permasalahan baik berlatar belakang hukum, sosial dan ekonomi,” terang Wakapolresta Solo AKBP Guritno Wibowo mewakili Kaplresta Solo Kombes Pol Ahmad Luthfi, baru-baru ini.

Terkadang, kata Wakapolresta, masyarakat langsung mengadukan permasalahan mereka ke pihak berwajib. Mereka tidak melakukan tahapan diskusi dengan pihak yang bergesekan untuk menemukan solusi.

“Kalau bisa didiskusikan terlebih dahulu dengan pihak yang bersengketa, supaya solusi dapat tercapai. Jangan langsung dibawa ke pihak polisi,” jelasnya.

Dirinya berharap, masyarakat makin sadar dan menumbuhkan jiwa kebersamaan untuk membentuk masyarakat yang harmonis. Dengan tercapainya kondisi tersebut, pastinya sengketa dan permasalahan yang timbul dimasyarakat dapat diatasi dan diselesaikan secara baik.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge