0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TNI Pulangkan Korban Gempa Nepal Besok

ilustrasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Proses evakuasi terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) di Nepal hampir selesai. WNI korban gempa bumi ini dipulangkan dari negara itu, Selasa (5/5).

“Tim evakuasi gabungan sudah mengumpulkan WNI yang selamat di sebuah tempat,” kata Moledoko, Senin (4/5).

Moeldoko melanjutkan, pemulangan dilakukan dengan menggunakan pesawat Hercules dan Boeing milik TNI AU. Sejauh ini, masih ada sekitar 3-5 WNI yang tidak terdeteksi keberadaannya masih terus dicari tim gabungan.

“Sangat sedikit yang belum terdeteksi sekitar 3-5 orang. Dari informasi yang kita terima ada 3 orang WNI yang menginap di sebuah hotel yang ditempati runtuh. Ini masih kita cari,” ucapnya.

Sementara itu, berdasarkan keterangan yang dihimpun Pusat Penerangan (Puspen) TNI. Tim Gabungan Pencarian dan Evakuasi WNI) di Nepal, yang terdiri dari TNI, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Taruna Hiking Club (THC) mencari 3 (tiga) WNI yang hilang kontak di Nepal, pasca gempa bumi berkekuatan 7,9 skala richter melalui jalur udara. Pencarian dilakukan sejak Minggu (3/5) lalu.

Tim Gabungan pencarian WNI di Nepal dipimpin oleh Letkol Pnb Indan Gilang selaku Komandan Misi Evakuasi WNI bersama dengan Kapten Psk Ario Suseno, dan Kapten Sus Santoso serta Sabda Thian dari Kementerian Luar Negeri, dan Benjamin Setiabudi dari Taruna Hiking Club (THC).

Pencarian mulai dilakukan pada Minggu pagi dengan menggunakan Helikopter jenis Chopper dari Bandara Tribhuvan pada pukul 06.30 waktu setempat, dan terbang ke arah Timur Laut Kathmandu menuju wilayah Langtang yang berada pada ketinggian sekitar 3.000 meter di atas permukaan laut.

Di area sekitar Hotel Everest yang berada di Langtang, Tim SAR setempat menemukan 40 jenazah, terdiri dari 37 warga lokal dan 3 turis asing. Dari ke-40 jenazah tersebut, tidak ditemukan WNI yang dinyatakan hilang kontak saat terjadi gempa dan mengakibatkan longsor.

[tyo]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge