0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Ke-360 Bartolomeo Cristofori

google doodle piano
Google Doodle Piano. (Dok: Timlo.net/ Google.)

Timlo.net—Doodle terbaru Google merayakan ulang tahun ke-360 pria yang dikenal sebagai penemu piano, Bartolomeo Cristofori. Dia lahir di Padua, 4 Mei 1655, di wilayah yang dulu disebut Republic of Venice.

Menurut Encyclopadeia Britannica, instrumen yang ditemukan Cristofori, pada zamannya disebut harpsichord. Alat itu memainkan nada yang lembut dan keras, sehingga dinamai harpsichord. Dalam Bahasa Italia, frasa permainan nada lembut dan keras itu adalah gravicembalo col piano e forte.

Dalam blog resmi Google Doodle, perusahaan itu menulis bahwa inovasi terbesar Cristofori adalah menciptakan mekanisme palu yang memukul senar pada sebuah keyboard untuk menciptakan suara. Penggunaan palu ini bisa menghasilkan suara yang lembut atau keras tergantung seberapa keras pemain menekan kunci.

“Mampu mengubah volume suara adalah sebuah terobosan besar kala itu. Dan hal itulah yang ingin ditekankan doodler Leon Hong dalam doodle interaktif ini,” tulis Google dilansir oleh The Guardian.com.

Sayangnya hanya sedikit yang diketahui mengenai kehidupan pribadi Cristofori. Dan pada zaman itu, penemuannya tidak begitu dikenal. “Cristofori rupanya menemukan piano sekitar 1709, dan menurut sumber-sumber kontemporer, empat piano miliknya muncul pada 1711,” tulis Encyclopadeia Britannica.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge