0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gali Pondasi, Ditemukan Amunisi Dan Granat Aktif

Granat zaman Belanda (merdeka.com)

Timlo.net — Puluhan amunisi dan sejumlah granat aktif ditemukan salah seorang warga di sebuah lahan kosong yang akan dimanfaatkan sebagai kandang ternak. Temuan ini membuat sejumlah warga berbondong-bondong mendatangi lokasi penemuan di desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Buleleng.

Saat itu sejumlah kelompok peternak di desa itu bermaksud memanfaatkan lahan kosong milik negara yang dipenuhi semak belukar untuk membuat kandang ternak sapi. Mereka saat itu sedang menggali pondasi bangunan.

Namun, ketika mulai mencangkul, tiba-tiba mengenai sebuah benda keras berbentuk bulat seperti nanas diduga sebuah granat. Setelah dilakukan penggalian lagi, didapat puluhan amunisi dan granat.

“Kami langsung laporan ke Polsek di Gerogak, setelah ada banyak peluru dan granat yang kami gali. Kemungkinan akan ada banyak lagi yang ada di dalam tanah,” kata Muhammad Jatim, salah seorang peternak ini yang juga tokoh masyarakat setempat di Buleleng, Minggu (3/5).

Menurutnya, temuan ini merupakan peninggalan masa zaman Belanda. Di lokasi tersebut terdapat gudang persenjataan.

“Menurut orang tua kami di lokasi tersebut dahulunya tempat perumahan warga Belanda dan ada sebuah gudang yang dijadikan gudang senjata,” ujar Jatim.

Kapolsek Gerokgak, AKP I Gusti Alit Putra menyatakan penemuan itu telah diamankan di Polsek Gerogak, Buleleng. Diperkirakan ada banyak lagi benda serupa di sana.

“Untuk sementara ini kami melarang dulu warga untuk melakukan aktivitas di areal kosong tersebut. Ada kemungkinan masih ada yang bisa ditemukan, sementara sejumlah amunisi dan granat kita amankan di Polsek,” kata Kapolsek Gerokgak AKP I Gusti Alit Putra.

[efd]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge