0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ma’ruf Iranto Gugat Kepala Disbudparpora Wonogiri

Ma'ruf Iranto (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Wonogiri, Ma’ruf Iranto, mengugat Kepala Disbudparpora ke Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri, Kamis(30/4). Pasalnya, Kepala Disbudparpora diklaim melanggar Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).

“Awalnya, saya meminta kopian SPJ dana hibah semua Pengcab KONI 2013 tapi tidak diperkenankan, itu terjadi pada Senin (27/4) lalu. Padahal itu nanti (kopian SPJ) akan saya gunakan sebagai alat bukti di pengadilan nanti,” ungkap Ma’ruf Iranto, Minggu (3/5).

Materi gugatan yang dilayangkan adalah, materi gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH). Gugatan itu terdaftar di PN tertanggal 30 April No. 10 PDT/G/2015/PN Wonogiri.

Selain itu, dia juga mengajukan materi gugatan lainnya, yakni kesalahan kewenangan Kepala Disbudparpora. Karena telah menyerahkan surat pemanggilan pemeriksaan kepada sejumlah Pengcab.

“Seharusnya yang bertugas menyerahkan surat pemeriksaan kepada Pengcab itu Kejari sendiri. Dalam aturan yang ada tidak diperbolehkan, ”jelasnya.

Dari hasil monotoring dalam kasus dugaan penyelewengan dana hibah KONI 2009-2013 tidak hanya terjadi di Pengcab Gantole saja. Ada sekitar empat Pengcab yang terbukti menyalahi penggunaan dana hibah khususnya dana hibah 2013.

“Penyalah gunaan dana hibah hampir sama modusnya yakni soal dana pembinaan. Setelah meminta keterangan pada atlet tidak ada pembinaan sama sekali,” tandasnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge