0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Kongres Demokrat, Pasek Sindir Panitia

dok.merdeka.com
Pimpinan Partai Demokrat (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Politikus Partai Demokrat Gede Pasek Suardika menyebut orang-orang di sekitar Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ingin memanfaatkan dengan mendorong SBY mencalonkan kembali sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

“Orang-orang di sekitarnya mendorong-dorong terus, orang yang paling banyak mendapatkan ‘benefit’ politik karena ‘de jure’ Pak SBY (memimpin Demokrat). Tetapi secara ‘de facto’ mereka yang mengelola,” kata Pasek usai menjenguk koleganya, Anas Urbaningrum di Rutan KPK, Jakarta, Kamis (30/4).

Pasek pun menyindir panitia pelaksanaan kongres Demokrat yang akan diselenggarakan di Surabaya pada 11-13 Mei 2015. Menurut dia, panitia yang ditunjuk tidak jelas dan buat malu. Dia menyinggung sikap SBY yang ingin maju kembali sebagai Ketum Partai Demokrat.

Padahal pada Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Bali tahun 2013, SBY mengatakan tidak mau menjadi Ketum lagi kecuali menjadi Dewan Pembina Partai Demokrat. Namun, lantaran mendapat dorongan dari orang di sekitarnya, SBY terpaksa menjilat ludahnya sendiri.

“Iya panitia enggak jelas, panitia kongres atau panitia tim sukses. Panitia dikuasai, semua dikuasai. Anaknya ketua panitia gimana, bapaknya maju. Waduh kalau saya melihatnya malu tapi ya sudahlah,” tutur Pasek.

Pasek membeberkan ada beberapa informasi terkait adanya kecurangan-kecurangan sebelum kongres Partai Demokrat berlangsung. Menurut informasi yang diperoleh itu, ada intimidasi terhadap pengurus-pengurus Partai Demokrat di daerah untuk memilih SBY dengan perjanjian di atas materai.

“Kemarin saya dapat informasi masih ada tradisi tanda tangan. Terakhir (pengurus) Kalimantan, ada Jateng dan DIY membuat tanda tangan di atas materai, kalau tidak dukung SBY suaranya dianggap hilang. Ini masih bergerak,” ungkapnya.

Diketahui, Partai Demokrat akan menggelar kongres di Surabaya pada 11 sampai 13 Mei 2015. Salah satu agendanya yakni pemilihan ketua umum (Ketum). Selain Pasek, dikabarkan SBY dan mantan Ketua DPR Marzuki Alie pun ikut mencalonkan diri sebagai calon Ketum. [bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge