0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PMI Solo Jadi Rujukan

Kunjungan AHA Center (Timlo.net - Khalik)

Solo – Belasan direktur Penanggulangan Bencana negara-negara ASEAN mengunjungi markas Palang Merah Indonesia (PMI) Solo, Kamis (30/4). Mereka mengamati sejumlah aktivitas yang dilakukan para dokter, karyawan dan relawan PMI yang sedang melakukan tugasnya.

“PMI pusat menunjuk Solo sebagai rujukan bagi para delegasi untuk mengetahui program kemanusiaan secara lengkap,” keta Sekretaris PMI, Sumartno Hadinoto.

Dipilihnya PMI Solo, kata Sumartono, bukan suatu kebetulan. Pasalnya, PMI Solo memiliki peran kemanusiaan yang cukup bervariatif, seperti adanya sejumlah klinik, unit tanggap darurat dan penanganan bencana, layanan ambulance, Griya PMI, klinik Hemodialisa atau cuci darah serta dompet kemanusiaan.

“PMI Solo ini dinilai komplit. Jika di PMI daerah lain hanya sebagai bank darah semata, di Solo ini lebih dari itu,” jelasnya.

Sementara, ketua rombongan, Saroj Srisai dari Asian Humanitarian Assistan (AHA) Center mengatakan, kunjungan yang dilakukan dalam rangka melihat pelayanan PMI kepada masyarakat terkait penanganan kesehatan, kesiapsiagaan, dalam menghadapi bencana serta peran sosial kepada masyarakat. Menurutnya, PMI Solo memiliki peran lebih lantaran mampu menangani lansia, gelandangan dan penderita gangguan jiwa.

“Harapan kami, dengan dilakukan kunjungan ini delegasi mengerti peran PMI baik kepada masyarakat maupun koordinasi dengan pemerintah,” jelasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge