0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

‪Hujan Tiap Hari, Pedagang Cembengan Rugi

dok.timlo.net/nanang rahadian
Pasar malam Cembengan di Tasikmadu, Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Sejumlah pedagang dan operator permainan anak-anak yang menggelar lapak di even Cembengan di seputar Pabrik Gula (PG) Tasikmadu, Karanganyar mengeluhkan hujan yang datang hampir tiap hari. Pasar malam yang biasanya ramai pengunjung menjadi sepi akibat hujan turun. Akibatnya para pedagang mengaku rugi dalam even yang digelar bertepatan dengan datangnya musim giling tebu tersebut.

“Wah ya rugi mas, pengunjung sepi, tidak seperti tahun lalu,” kata Mulyono, pedagang mainan anak-anak saat ditemui wartawan, Kamis (30/4).

Mulyono mengaku, setiap tahun berjualan di arena pasar malam Cembengan ini dan baru tahun ini pengunjung sangat sepi. “Kalau tahun-tahun lalu masih bagus. Tapi sekarang, sepi. Hampir tiap hari hujan,” ujarnya.

Mardi Kempong, pengurus Egaria Putra Klaten 3, salah satu operator wahana permainan anak-anak juga mengungkapkan hal senada.

“Rugi, mas. Wong selama pasar malam, hampir tiap malam hujan. Cuma tiga hari yang tidak hujan. Memang ada pengunjungnya, tapi tidak seramai tahun-tahun lalu. Ini dibongkar, mau pindah ke pasar malam di Jumantono,” tuturnya, seraya mengawasi pembongkaran wahana permainan.

Pasar malam Cembengan, digelar 14-28 April. Puncak perayaan tradisi tersebut berlangsung 24 April lalu saat dilakukan prosesi arak-arakan temanten tebu, menandai dimulainya musim giling tebu. Selasa (28/4), sebagian besar pedagang sudah mengemasi lapaknya, karena pasar malam sudah berakhir.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge