0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Garam Tidak Pengaruhi Tekanan Darah

Dok: Timlo.net/ Google Images.
Garam. (Dok: Timlo.net/ Google Images.)

Timlo.net—Sodium atau garam secara umum dihubungkan dengan tekanan darah tinggi. Fakta ini diterima oleh komunitas ilmu medis karena sudah menjadi pengetahuan umum. Akan tetapi sebuah penelitian baru menyimpukan bahwa konsumsi garam di antara remaja tidak mempengaruhi tekanan darah mereka. Data dalam penelitian ini secara keras menantang fakta yang sudah lama dipercayai kalangan medis.

Penelitian itu menganalisa kebiasaan makan gadis berusia 9 hingga 10 tahun, dan mengikuti mereka selama masa remaja. Mereka menemukan bahwa mengurangi asupan garam tidak menurunkan tekanan darah. Orang yang mengkonsumsi garam 3 ribu mg/ hari memiliki tekanan darah yang sama dengan mereka yang mengkonsumsi garam kurang dari jumlah itu.

Linda Van Horn dari Northwestern University, Chicago, Amerika Serikat (AS) menekankan bahwa, “Penelitian itu menunjukkan pola makan tinggi garam tidak sehat dan sebagian besar masyarakat mengkonsumsi terlalu banyak sodium dari yang diperlukan.” Dia menambahkan bahwa yang penting dalam pola makan yang sehat bukanlah menurunkan asupan garam atau tekanan darah. Tapi untuk menciptakan gaya hidup yang slebih sehat untuk masyarakat dari segala usia.

Sekalipun penelitian ini menunjukkan garam tidak mempengaruhi tekanan darah, tapi banyak studi lain yang menunjukkan pentingnya mengurangi konsumsi garam.

Sumber: The Hoop News.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge