0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU Karanganyar Gandeng Laboratorium Sosiologi UNS

dok.timlo.net/nanang rahadian
Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar  –  Untuk pengembangan kehidupan berdemokrasi di Bumi Intanpari, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar menggandeng Laboratorium Sosiologi Universitas Sebelas Maret (UNS).

Penandatanganan nota kesepahaman kerjasama kedua pihak, dilakukan Rabu (29/4) di Sekretariat KPU, oleh Ketua KPU Karanganyar Sri Handoko Budi Nugroho dan Ketua Laboratorium Sosiologi Ahmad Zuber.

“Tujuannya, agar pemilih lebih siap dan dewasa, dalam menjalankan praktik demokrasi,” kata Ketua KPU Karanganyar Sri Handoko Budi Nugroho saat ditemui wartawan usai penandatanganan nota kesepahaman, Rabu (29/4).

Pada tahap awal kerjasama, kata Handoko, dua lembaga itu akan melakukan riset bersama, terkait animo masyarakat untuk menjadi sukarelawan politik dalam pesta demokrasi. Kerjasama yang berlangsung selama dua tahun tersebut mengarah ke pendidikan politik kepada masyarakat.

“Kesukarelawanan ini termasuk langka. Yang banyak kan tim sukses. Padahal, kesukarelawanan ini mendorong perkembangan demokrasi. Sebab ada masyarakat yang secara sadar dan sukarela mengajak orang di sekitarnya untuk menggunakan hak pilih dengan baik,” jelasnya.

Hal itu, lanjutnya, akan mendorong tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih. Di Karanganyar, pada Pemilu lalu, tingkat partisipasi masyarakat yang menggunakan hak suaranya cukup bagus, mencapai 70 persen.

Ketua Laboratorium Sosiologi UNS Ahmad Zuber menambahkan, kerjasama dengan KPU tersebut salah satu upaya untuk membangun kehidupan demokrasi agar lebih baik.

“Prinsip pemilu kan luber jurdil, Tapi dalam perjalanannya, ada fluktuasi. Mudah-mudahan, dengan kerjasama ini, kehidupan demokrasi bisa lebih bagus. Pelaksanaannya juga lebih transparan dan akuntabel,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge