0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TimloMagz

Berburu Velg Cancave

Timlo.net - David
Velg (Timlo.net - David)

Timlo.net – Velg sudah menjadi salah satu komponen yang wajib dipermak bagi para modifikator. Bentuk yang unik dan limited edition banyak diburu untuk koleksi.

Seiring pergeseran waktu, tren velg saat ini yang digandrungi oleh kawula muda adalah jenis Cancave dengan perpaduan warna blackmatt (hitam dop metalik-red). Sedangkan kerangka penguat velg yang paling diminati berbentuk palang.

Model ini dipercaya mampu membius modifikator yang saat ini berkecimpung di dunia otomotif.

“Bentuk velg jenis ini lebih sporty dan elegan,” kata Suharyo, pemilik Toko Velg Limited Edition Solo.

Dari ukuran, pelanggannya lebih suka 17-18 inchi dengan ban pembungkus yang lebar. Jika dilihat, jenis ini nampak lebih tegas, karena bentuknya menonjol. Kenyamanan berkendara juga tidak berubah dengan jenis ini.

Menurut pengakuannya pula, modifikator rela merogoh kocek belasan hingga puluhan juta rupiah demi mengoleksinya. Tak heran, banyak mata tertuju pada sosok bundar tersebut manakala melenggang di jalan raya.

“Untuk harga tergantung pada kualitas velg. Semakin ringan dan kuat, harganya semakin tinggi,” papar pemilik toko yang beralamat di kawasan Jl. Adi Soemarmo.

Beda jenis mobil, beda ukuran velg pula yang diminati. City car atau Sedan, misalnya. Jenis ini biasanya menggunakan ukuran 15-17 inchi. Sedangkan, untuk mobil jenis MPV, Jeep ataupun mobil bongsor lainnya, menggunakan ukuran 18 inchi keatas.

Meski begitu, terkadang pemilihan velg kembali pada pribadi masing-ma-sing. Ada juga sebagian anak muda yang ingin tampil beda dengan mengusung gaya Hella Flush di mobil mereka. Hella Flush merupakan salah satu bentuk modifikasi velg dengan membuat roda lebih menjorok melampaui bodi mobil.

Otomatis velg diganti dengan bentuk yang lebih lebar. Meski begitu, dengan ukuran tapak yang makin lebar, tinggi pada kaki mobil dapat sedikit dipangkas.

“Kebanyakan untuk para Hella Flush, mereka memilih bentuk velg lebih lebar dari ukuran aslinya,” jelas Suhar.

Pemilihan velg, kata Suhar, harus mengikuti sejumlah aturan. Seperti memperhatikan ukuran Pitch Center Diameter (PCD) atau ukuran jarak antar lubang baut, biasanya terdiri dari empat hingga lima lubang atau lebih. Tebal lubang baut juga perlu diperhatikan. Jika terlalu tebal, maka pengencangan tidak akan maksimal, alhasil baut akan mudah lepas.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge