0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ban Ki Moon Minta Sudahi Eksekusi Mati

dok.merdeka.com
Ban Ki Moon (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Sekjen PBB, Ban Ki Moon mendesak Indonesia agar tidak meneruskan eksekusi kepada sisa terpidana mati yang masih ada. Ia menyatakan penyesalan yang mendalam atas proses eksekusi mati di Indonesia.

“Saya menyesalkan eksekusi mati di Indonesia. Tidak ada tempat di abad ke-21 untuk hukuman mati,” ujar Ban Ki Moon, Kamis (30/4).

Sementara itu, Indonesia kukuh terhadap pendiriannya dalam melawan narkoba. Hal tersebut diungkapkan oleh Jaksa Agung H. M. Prasetyo yang menyatakan Indonesia akan terus melawan narkoba untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa.

“Indonesia dalam situasi darurat narkoba. Ratusan orang meninggal setiap harinya akibat narkoba, kita akan terus bertindak seperti ini sebagai bagian dari perang melawan narkoba,” ujar H. M. Prasetyo.

“Eksekusi mati bukanlah hal yang menyenangkan. Ini juga bukan pekerjaan yang menyenangkan. Namun, kita harus melakukannya untuk menyelamatkan bangsa dari bahaya narkoba,” lanjutnya.

Eksekusi mati tahap dua telah dilakukan Rabu dini hari. Delapan terpidana mati akibat kasus narkoba telah dieksekusi, mereka antara lain warga negara Australia, Ghana, Brasil, Nigeria, serta Indonesia.

Australia kini telah menarik Duta Besar Paul Grigson dari Indonesia sebagai bentuk protesnya. Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan eksekusi ini merupakan momen gelap dalam hubungan dengan Indonesia.

“Kami menghormati kedaulatan Indonesia, tapi kami menyesalkan apa yang sudah dilakukan,” kata dia.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge