0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Penyebab Banjir Underpass

timlo.net/putra kuniawan
Underpass Makamhaji kini sudah dibuka kembali (timlo.net/putra kuniawan)

Sukoharjo — Kementrian Perhubungan (Kemenhub)mengungkap penyebab banjir di underpass Makamhaji sejak Sabtu (25/4) sore. Tingginya curah hujan menyebabkan pori-pori tanah dipenuhi air menjadi penyebab utama banjirnya bangunan proyek Kementrian Perhubungan senilai Rp 27 Miliar.

“Ada beberapa faktor yang menyebabkan underpass ini banjir, dari faktor teknis hingga non teknis. Termasuk upaya sabotase terhadap upaya penanganan banir itu sendiri,” kata disampaikan Kasi Prasarana Balai Tehnik Perkeretaapian Jawa Bagian Tengah, Yus Rizal, Rabu (29/4).

Analisa awal dari petugas Kemenhub adalah, volume air yang tertampung di pori-pori tanah pada hari Sabtu meluber dan mengakibatkan genangan. Volume pori-pori tanah masuk ke bak penampungan dan melebihi kapasitas pompa. Sehingga banjir bertahan hingga beberapa hari meskipun empat pompa sudah bekerja non stop.

Selain penyebab dari alam, Kemenhub mengungkapkan adanya upaya sabotase terhadap penanganan banjir. Namun hal ini sudah bisa diatasi, dan petugas saat ini fokus ke penanganan banjir agar segera surut.

“Di lapangan kita serahkan kepada petugas satker PLS, apakah akan ditutup sumber air itu atau dialihkan nanti ada tim survei untuk lebih detailnya tentang hal itu,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge