0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kirab Paskah Bersama Solo Tarik Perhatian Masyarakat

Kirab Paskah
Drama penyaliban Yesus di Kirab Paskah Bersama Solo Raya. (Dok: Timlo.net/Ranu Ario.)

Solo—Rabu (29/4) sore, dari kawasan Kotta Barat hingga kawasan Sriwedari dipadati oleh masyarakat. Mereka antusias menyaksikan kirab yang digelar untuk mengawali acara Paskah Bersama Solo Raya 2015.

Ada beberapa kelompok peserta yang mengikuti kirab itu. Menurut pantauan Timlo.net, beberapa di antaranya adalah kelompok anak muda yang memikul salib dari Kotta Barat ke Sriwedari. Menurut Ketua Panitia Paskah Bersama Solo Raya itu, jumlah peserta dalam kelompok ini sebanyak 270 orang. Jumlah ini melambangkan Kota Solo yang genap berusia 270 tahun.

Banyak warga berdiri cukup dekat dengan rombongan kirab untuk mengabadikan momen tersebut. Setelah kelompok ini, kelompok berikutnya adalah kelompok yang berperan menggambarkan proses penyaliban Yesus. Terlihat pemeran Yesus memikul salib di tengah dengan baju yang dipenuhi noda darah. Sementara di sekelilingnya terdapat pemeran tentara Romawi. “Beri jalan!” teriak mereka sembari mengayunkan cambuk.

Setelah kelompok ini, juga terdapat rombongan yang mewakili gereja Kristen, Kristen Protestan dan Katolik. Diikuti dengan rombongan pasukan keraton, pemain perkursi , barongsai, tari etnis dan reog. Peserta kirab diperkirakan mencapai 1211 orang, dibagi menjadi tiga kelompok. “Peserta kirab dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok nasional, kelompok rohani dan kelompok budaya,” terang Obaja.

Pembagian kelompok dimaksudkan untuk mewakili keberagaman unsur masyarakat Solo yang dilibatkan dalam acara ini, kata Sekretaris Umum Panitia Paskah Akbar Kristiani Surakarta 2015, Pendeta Jimmy Sanger. Setelah acara kirab, pada pukul 18:00 akan diadakan sesi kedua berupa ibadah yang digelar di Stadion Sriwedari. Acara ibadah ini diperkirakan diikuti oleh 15 ribu umat Kristiani di Solo.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge