0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Pilkada Boyolali, Pelamar PPK Sepi

Kantor KPUD Boyolali (dok.timlo.net/nanain)

Boyolali — Munculnya peraturan baru untuk panitia ad hoc dimana tidak boleh menjabat dua periode, berimbas pada sepinya jumlah pendaftar. Khusus untuk anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada 2015, hingga H-1, pengembalian blangko pendaftaran baru 60 pendaftar yang menyerahkan. Pendaftaran sendiri dibuka sejak 19 April.

Ketua KPUD Boyolali Siswadi Sapto Harjono, Rabu (29/4), menjelaskan kebutuhan petugas PPK untuk Pilkada sebanyak 95 orang, masing-masing 5 orang untuk 19 kecamatan. Sementara aturan PKPU menyaratkan, dalam proses rekrutmen, pendaftar PPK tiap kecamatan minimal 10 orang agar  ada proses seleksi. Artinya, minimal proses seleksi anggota PPK minimal sebanyak 190 kandidat.

“Yang mengembalikan formulir jauh sekali dari persyaratan PKPU,” terang Siswadi.

Diduga, minimnya pendaftardisebabkan mepetnya KPU pusat mengumumkan PKPU, yakni pada 17 April lalu, sementara proses rekrutmen dimulai 19 April. Akibatnya, sosialisasi informasi pendaftaran PPK ke masyarakat sangat kurang. Bahkan mungkin saja informasi tersebut sampai saat ini belum sampai ke wilayah pelosok. Hal itu bisa ditilik dari pendaftar asal wilayah pelosok seperti Kecamatan Klego dan Selo yang masih sangat minim.

Selain itu, minimnya minat masyarakat juga diperkirakan akibat adanya aturan baru dalam PKPU yang menyebut, masyarakat yang pernah menjadi anggota PPK selama dua Pilkada dilarang ikut proses seleksi PPK.

“80 persen pendaftar PPK adalah muka baru dan belum punya pengalaman dalam proses pemilu. Ini nanti juga menjadi kesulitan tersendiri bagi kami,” tambahnya.

Sementara itu, pihaknya akan segera mengelar rapat pleno bila sampai terakhir pengembalian blanko pendaftaran yang berakhir Kamis (30/4) besok jumlah kandidat belum mencukupi. Rapat pleno yang akan dilakukan untuk
menentukan apakah jadwal pendaftaran akan diperpanjang atau opsi lain untuk proses rekrutmen PPK.

“Kalau kondisi darurat ya mungkin jadwal pendaftaran bisa diperpanjang,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge