0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ganti Rugi Tanah Tol Soker di Boyolali Segera Dibayarkan

dok.timlo.net/nanin
Rumah yang terkena proyek jalan tol Solo - Semarang (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Kabupaten Boyolali berencana segera membayarkan ganti rugi tanah untuk proyek jalan tol Solo-Kertosono (Soker). Besarnya ganti rugi yang akan dibayarkan mencapai Rp 20 miliar. Panitia saat ini masih melakukan koordinasi untuk jadwal pencairan ganti rugi.

“Kalau yang ganti rugi tol Solo-Semarang untuk saat ini vakum. Ini khusus yang tol Solo-Kertosono,” ungkap anggota P2T Boyolali, Jaka Diyana, Rabu (29/4).

Dijelaskan, proses ganti rugi untuk proyek tol Soker tetap menggunakan aturan lama. Dimana ketua P2T tetap dijabat Sekda Sri Ardiningsih. Pemakaian aturan lama disebabkan proses pembebasan tanah dan pembayaran
ganti rugi sudah lebih dari 75 persen. Sedangkan untuk ganti rugi tol Solo-Semarang merujuk pada aturan baru, kewenangan tidak pada Pemkab.

“Yang terkena aturan baru adalah proyek tol yang proses ganti ruginya belum sampai 75 persen, luasan tanahnya masih kita lakukan pendataan,” ungkap Jaka Diyana yang juga menjabat sebagai Kabag Pemerintahan Otonomi Daerah (PUOD) Setda Boyolali.

Proyek tol Solo- Kertosono, lanjut dia, melewati sejumlah desa di wilayah Boyolali. Untuk Kecamatan Banyudono melintasi Desa Denggungan yang sekaligus titik pertemun tol Solo- Semarang dan Soker. Sedangkan Kecamatan
Ngemplak, proyek tol melintasi Desa Ngargorejo, Sobokerto, Ngesrep, Sindon, Dibal, Donohudan, Pandeyan dan Sawahan.

Sementara khusus untuk wilayah Desa Bangak, Kecamatan Banyudono, sebenarnya terkena proyek tol Solo- Semarang. Hanya saja, proses pembahasan ganti rugi ikut proyek tol Soker seperti ganti rugi untuk tanah di Desa Denggungan.

Sebelumnya, Bupati Boyolali, Seno Samodro menyatakan, Pemkab Boyolali terus mendukung proyek tol Solo- Semarang maupun tol Soker sebagai proyek nasional. Pihaknya juga berharap proses musyawarah ganti rugi dapat segera dituntaskan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge