0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KSMS Angkat Lakon Arya Penangsang

dok.timlo.net/humas ksms
Salah satu penampilan Ketoprak Seniman Muda Surakarta (dok.timlo.net/humas ksms)

Solo —  Bertempat di Gedung Kesenian Balekambang, Ketoprak Seniman Muda Surakarta (KSMS) akan mementaskan kisah klasik yang sangat populer di tanah Jawa serial Arya Penangsang. Humas KSMS, Suharno dalam rilis yang diterima Timlo.net, Rabu (29/4) menjelaskan, lakon Arya Penangsang dipentaskan Sabtu (2/5) malam.

Menurut Koordinator  KSMS, Tatak Prihantoro, lakon Arya Penangsang diangkat karena mampu menggambarkan kondisi perpolitikan bangsa Indonesia saat ini, namun dibingkai dalam kemasan lakon ketoprak.

“Kisah Arya Penangsang, menyangkut perebutan tahta dan kekuasaan trah kasultanan Demak Bintara yang hingar bingar, penuh kegaduhan dan menimbulkan banyak korban, tidak jauh dari kondisi kekinian. Arya Penangsang merasa berhak sebagai pengganti Sultan Trenggono, namun kenyataanya justru kekuasaan jatuh ke tangan Jaka Tingkir yang hanya anak menantu, sehingga Arya Penangsang mbalelo melakukan pemberontakan,“ ungkapnya.

Ditambahkan, lakon klasik ini akan disutradai pemain senior KSMS, Slamet Meteor. |Lakon ini akan digarap secara serius sehingga menyajikan pertunjukan yang menarik dan enak ditonton, walaupun kisah ini sudah sering dipentaskan,” tambahnya. (*)

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge