0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Alasan Abraham Samad Tak Jadi Ditahan

abraham samad
Abraham Samad ()

Timlo.net – Polisi menangguhkan penahanan terhadap Ketua KPK nonaktif Abraham Samad. Alasannya, Abraham Samad dinilai kooperatif selama menjalani pemeriksaan.

“Penyidik melakukan hal itu (penangguhan penahanan-red) sudah melalui pertimbangan yang matang. Berdasarkan permohonan yang diterima, kita penuhi untuk penangguhan penahanan. Alasannya karena tidak mempersulit pemeriksaan,” ujar Kepala Biro Penerangan Umum Mabes Polri, Brigjen Pol Agus Rianto di Mabes Polri, Rabu (29/4).

Agus mengatakan, walaupun pihak polisi yang memeriksa Samad telah bekerja melalui proses penilaian yang matang, dan memiliki bukti yang cukup untuk dilakukan penahanan terhadapnya. Namun dirinya menegaskan, pihak Abrahan Samad juga memiliki hak untuk mengajukan penangguhan penahanan.

“Hak tersangka juga untuk tidak ditahan, mengajukan penangguhan penahanan, dan mengajukan pembelaan. Tapi keputusan semua ada pada penyidik,” ujar Agus.

Agus menjelaskan, walaupun pihak KPK telah berkomunikasi dengan Kapolri Jendral Badrodin Haiti guna meminta agar Samad tidak ditahan, namun Agus menilai komunikasi antar pimpinan lembaga itu merupakan hal yang biasa.

Namun demikian, itu bukanlah hal utama yang mendasari dikabulkannya penangguhan penahanan Samad oleh tim penyidik,dari Polda Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar).

“Komunikasi antar pimpinan KPK dan Polri itu komunikasi yang biasa dilakukan, tapi bukan menjadi satu hal yang jadi bahan keputusan mengambil langkah itu,” pungkasnya.

[bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge