0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kopi Cegah Kanker Payudara Kambuh Lagi

Kopi. (Dok: Timlo.net/ Flickr.)

Timlo.net—Menurut sebuah penelitian baru, minum dua gelas kopi sehari bisa mencegah pertumbuhan tumor dan mengurangi resiko kanker payudara kambuh lagi.

Para peneliti mengkombinasikan informasi tentang gaya hidup  dan data klinis dari 1090 pasien kanker payudara. Mereka juga membaca kembali beberapa penelitian tentang sel kanker payudara.

“Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 500 wanita yang dirawat dengan (obat) tamoxifen, yang minum dua gelas kopi sehari, mengalami penurunan resiko kambuhnya penyakit hingga 50 persen,” jelas Ann Rosendahl, salah satu peneliti dari Lund University di Swedia.

“Penelitian itu juga menunjukkan bahwa mereka yang minum dua gelas kopi per hari memiliki tumor dan hormon penyebabnya yang lebih kecil. Kami melihat bahwa kondisinya sudah seperti itu saat didiagnosa,” kata Roendahl.

Dalam penelitian soal sel, para peneliti mengamati dengan lebih dekat dua zat yang ditemukan di kopi, yaitu kafein dan zat caffeic.

“Sel kanker payudara bereaksi terhadap dua zat itu, terutama kafein. Hasilnya pembagian sel tumor berkurang dan kematian sel kanker meningkat. Terlebih bila kafein dikombinasikan dengan tamoxifen,” terang Rosendahl.

Hal ini menunjukkan bahwa kedua zat itu memiliki efek pada sel kanker payudara dan mengurangi kemungkinan sel kanker tumbuh kembali. Penelitian itu muncul di jurnal Clinical Cancer Research.

Sumber: Indian Express.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge