0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga LPG Melon di Wonogiri Tembus Rp 25 Ribu

dok.timlo.net/red
Ilustrasi Elpiji 3 Kg (dok.timlo.net/red)

Wonogiri — Harga LPG 3 kg atau yang biasa disebut jenis ‘melon’ dijual gila-gilaan di Wonogiri. Salah seorang konsumen mengaku membeli di tingkat pengecer seharga Rp 25 ribu. Hal ini terjadi karena terjadi kelangkaan stok di pasaran. Itupun, ia terlebih dahulu sempat mencari ke sejumlah pengecer hingga ke luar desanya.

“Lebih dari empat pengecer gas langganan ketika saya datangi semuanya habis tidak ada stok,” ujar warga Kaloran, Giritirto, Wonogiri, yang tidak berkenan disebutkan namanya, Selasa (28/4).

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) Kabupaten Wonogiri, Guruh Santoso menyatakan, wajar jika harga eceran menjadi tinggi karena terjadi migrasi atau perpindahan konsumen dari LPG 12 kg ke LPG 3 kg secara besar-besaran.

“Dari hasil kajian kami dari total kebutuhan pelanggan sekitar 12 juta tabung/tahun, baru tersedia sekitar 5 juta tabung pertahun, atau baru 40 persen saja,” ungkap Guruh.

Sehingga, kata dia, Pemkab Wonogiri akan segera mengirim surat permintaan penambahan kuota ke pihak Pertamina melalui Gubernur Jateng. Menurut Guruh, dalam Rakor Penanggalangan Kelangkaan LPG Bersubsidi dengan dinas terkait sudah disepakati penambahan pangkalan sebanyak 152 pangkalan.

“Sehingga kini total ada 750 pangkalan di kabupaten ini, kami berharap setiap desa/kelurahan minimal harus ada satu pangkalan,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge