0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

134 Handphone di Lapas Jambi Dibakar

ponsel (merdeka.com)

Timlo.net — Sebanyak 134 handphone yang disita dari warga binaan Lembaga Permasyarakatan Kelas IIa Jambi dibakar. Pembakaran ini berlangsung saat peringatan HUT ke-51 lapas tersebut.

Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jambi Juliusman Purba mengatakan, handphone yang dibakar itu adalah hasil penggeledahan kamar-kamar warga binaan dari 2014-April 2015. Selain handphone juga disita berbagai macam alat elektronik, seperti headset sebanyak 174 buah, charger 314 buah, kabel dan terminal listrik 115 buah, kipas angin 11 unit, kompor gas 4 unit, kompor minyak 5 unit dan kompor buatan 48 unit.

Menurut Juliusman, handphone masuk ke dalam lapas memang sulit dideteksi, selain kurangnya tenaga aparatur juga kurangnya peralatan. Sehingga kerap kali lolos dari pengawasan petugas.

“Pengiriman handphone sulit dideteksi, terkadang kawannya datang membawa, SDM kami juga kurang. Kalau seandainya pegawai kami lengkap dan cukup sarana, tidak akan segampang itu handphone masuk ke Lapas,” kata Juliusman di Jambi, Senin (27/4).

“Kami sudah ketinggalan jauh dari IT, kalau ada pendeteksi seperti di pintu masuk, kemungkinan bisa terdeteksi. Dan untuk masuk ke dalam melalui tahapan-tahapan itu butuh tenaga juga, sementara pegawai tidak ada. Petugas pintu di samping membuka pintu juga mengawasi, itu terkadang bisa kecolongan dan bisa masuk ke dalam,” jelasnya.

Namun untuk menertibkan itu, Juliusman mengatakan petugas selalu menjadwalkan razia-razia di kamar warga binaan, baik secara internal maupun melibatkan pihak kepolisian.

“Itulah upaya yang kami lakukan. Mudah-mudahan berjalan terus,” kata Juliusman.

Selain pihak lapas, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus yang menghadiri HUT Lapas ikut membakar handphone milik warga binaan itu.

[tyo]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge