0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dispertan Ingatkan Petani Waspada Wereng

dok.timlo.net/
Sejumlah wereng yang berhasil ditangkap petani (dok.timlo.net/)

Klaten – Dinas Pertanian (Dispertan) Klaten mengingatkan para petani untuk mewaspadai migrasi hama wereng batang cokelat (WBC). Pasalnya, hingga pertengahan April terdapat puluhan hektare lahan pertanian yang diserang hama WBC.

“Berdasarkan catatan kami selama musim tanam tengah bulan pertama April, terdapat 17.909 hektare (ha) lahan yang ditanami padi. Dari jumlah itu, sebanyak 56 hektar lahan yang berada di tujuh kecamatan diserang hama WBC. Sedangkan 16 kecamatan lainnya diserang hama penggerek batang dengan total lahan 183 hektar,” ungkap Koordinator Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman Dispertan Klaten, Sunarno, Senin (27/4).

Kendati kasus WBC terhitung kecil dibanding hama penggerek batang, Suharno meminta para petani tidak terlena. Sebabnya, pola tanam di sejumlah daerah yang belum serentak membuat hama WBC sering berpindah-pindah lokasi. sehingga, ada penyebaran ke lokasi baru karena wereng hinggap pada tanaman muda

“Setiap memasuki masa tanam, ada migrasi hama dari daerah lain yang memasuki masa panen. Untuk mengantisipasinya, paling aman menggunakan musuh alami seperti laba-laba, kepik, belalang sungut panjang, serta capung. Diperkirakan pada tengah bulan kedua pada April ini kemungkinan lahan yang diserang berkurang lantaran petani sudah memasuki masa panen,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge