0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tamu Membengkak, Setda Usulkan Kenaikan Anggaran Makan Minum

Karanganyar — Banyaknya kunjungan tamu dari utusan luar daerah yang otomatis membuat Pemkab butuh dana tambahan untuk alokasi konsumsi. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar tengah merencanakan usulan penambahan anggaran makan minum dalam Perubahan APBD 2015. Usulan anggaran konsumsi kegiatan tersebut mencapai Rp 500 juta.

“Anggaran sebelumnya berkisar Rp 600 hingga Rp 700 juta. Pada APBD perubahan kita mengusulkan tambahan Rp 500 juta,” ungkap Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar Slamet Sanyoto, Senin (27/4).

Slamet menambahkan, kisaran dana yang dialokasikan untuk konsumsi, masing-masing memiliki indeks standar jamuan sendiri baik dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten. Di Pemkab Karanganyar, kisaran budget untuk konsumsi antara Rp 10 hingga 15 ribu.

“Kita memiliki langganan jasa katering sendiri yang sesuai standar kita,” jelas Slamet.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Karanganyar, Bagus Selo mengatakan pihaknya akan mengkaji lebih dahulu sejauh mana alokasi anggaran tersebut dimanfaatkan. DPRD pun juga akan melihat pertimbangan lain, termasuk perkembangan harga kebutuhan pokok di pasaran.

“Kita akan kaji dulu sejauhmana anggaran selama ini dipergunakan, baru kita bisa putuskan,” ujarnya.

Namun demikian, Bagus menambahkan apabila usulan tambahan anggaran tersebut disetujui, alokasi dana konsumsi itu hanya diperuntukkan bagi kegiatan dari pemerintahan. Walaupun menggunakan gedung pendopo rumah dinas bupati sekalipun, tidak boleh menggunakan dana itu, sebab menyalahi aturan. Intinya, kegiatan di luar program pemerintah tak boleh difasilitasi

“Kegiatan di luar program macam kegiatan organisasi masyarakat, tidak diperbolehkan menggunakan dana bagian umum tersebut,” jelas Bagus.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge