0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Dua Dusun Protes Pabrik Sosis Teras

timlo.net/nanin
Mediasi warga Dukuh Pumah dan Kebonarum, Randusari, Teras dengan Kades terkait permasalahan dengan pabrik sosis So Nice PT So Good Food (timlo.net/nanin)

Boyolali – Ratusan warga Dukuh Pomah Desa Randusari Kecamatan Teras tidak puas terhadap pabrik sosis terkait minimnya kontribusi lingkungan setempat. Namun aksi tersebut berhasil diredam oleh perangkat desa setempat. Akhirnya mereka menempuh upaya negosiasi, Senin (27/4).

”Dari empat RT yang ada, baru dua RT yang mendapatkan. Dua RT lainnya belum, padahal sudah tiga tahun pabrik ini beroperasi. Besarnya kontribusi dari pabrik hanya Rp 150 ribu per bulan,” ungkap salah satu ketua RT setempat, Mujiyo.

Dia melanjutkan, limbah pabrik berupa kardus, plastik dan karung goni, selama ini justru dikelola orang luar. Padahal, warga sekitar pabrik mampu untuk mengelolanya. Warga menuntut agar ada pemerataan, sekalipun bentuk kontribusi tidak harus berupa uang per bulan. Padahal warga hanya menuntut kontribusi dalam bentuk kemitraan, yakni mengolah limbah dari pabrik.

Kepala Desa (Kades) Randusari, Satu Budiono menjelaskan, dalam musyawarah tersebut, disepakati warga akan membentuk kepanitian dan membuat proposal. Kemudian diajukan ke pabrik terkait permohonan pengelolaan limbah pabrik sosis itu.

Terpisah, perwakilan PT So Good, Joko Santosa menyatakan, selama ini operasional pabrik berjalan tanpa masalah. Pabrik juga sudah memberikan kontribusi terutama pada dua wilayah RT yang berdampingan. Selain kontribusi uang tunai, pihaknya juga sudah memberikan pengelolaan limbah pabrik pada warga RT 11.

Selain itu pihaknya juga menyumbang dana untuk pembangunan gedung serba guna desa Rp 60 juta. Serta membantu pembangunan mushola, dan tali asih saat lebaran.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge