0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dongkrak Penilaian Adipura, Karanganyar Tambah Tong Sampah

IMG02324-20150409-1051
Tong sampah di Karanganyar ()
Karanganyar —Untuk mendongkrak perolehan nilai dalam penilaian Adipura, Pemerintah Kabupaten Karanganyar menambah sarana prasarana kebersihan. Salah satu adalah tong sampah dari stainlessteel yang sudah di pilah antara sampah organik dan non organik. Tempat sampah ini sudah terpasang beberapa waktu lalu di beberapa lokasi. Selain itu Pemkab juga  mengajak masyarakat ikut peduli dengan kebersihan lingkungan masing-masing.
“Hasil P1 (penilaian pertama) pada Oktober 2014 lalu 73,68 atau belum bisa memenuhi batas penilaian terbawah 7,5. Evaluasi telah dilakukan dengan harapan penilaian pada pekan kedua April nanti lebih baik,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Karanganyar, Edy Yusworo kepada wartawan, beberapa saat lalu.

Edy menambahkan, penataan di pos pantau penilaian Adipura menjadi sasaran tak terbantahkan. Pemkab memberlakukan kerja bakti membersihkan lingkungan di perkantoran secara berkala, penambahan tong sampah khusus organik, anorganik, B3 dan materi tak terurai di perkampungan wilayah kota serta menjaga kerindangan pohon turus jalan.

“Pos pantau mulai depan kantor Satlantas sampai persimpangan Siwaluh di Jalan Lawu mendapat perhatian serius. Dilakukan pula penambahan 20 tong sampah di perkampungan pos pantau, dari semula hanya 50 tong,” katanya.

Edy mengakui kriteria penilaian Adipura kian berat tiap penyelenggaraan tahunan. Namun demikian, dirinya optimistis penghargaan itu sukses diraih kembali seperti tujuh kali sebelumnya asalkan didukung seluruh stakeholder.

“Dibutuhkan kepedulian masyarakat menjaga lingkungan tetap bersih. Masih banyak ditemukan perilaku seperti membuang sampah sembarangan,” katanya.

Asisten II Sekda, Siti Maesyaroch mengatakan persiapan penilaian Adipura terus dikebut. Dirinya mengkoordinasikan berbagai sektor, termasuk kebersihan, persampahan dan PKL.

“PKL sudah dikumpulkan agar tahu kewajibannya. Terkait sampah dan penataan meliputi jam buka dan batasan lapak,” katanya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge