0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penerimaan Zakat Karanganyar Tertinggi se-Jateng

dok.timlo.net/nanang rahadian
(Ilusttrasi) Pembagian zakat di Rumah Dinas Bupati Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Penerimaan Zakat oleh Badan Zakat Nasional (Baznas) Karanganyar tertinggi di Jawa Tengah. Hingga April ini penerimaan berkisar Rp 500 juta per bulannya. Bahkan pada bulan Ramadhan tahun lalu bisa mencapai Rp 750 juta.

“Peningkatan perolehan dana zakat, infaq dan sodaqoh itu karena sudah mulai aktifnya unit pengumpul zakat (UPZ) di berbagai masjid yang menerima titipan dana dari masyarakat,” kata Manajer Baznas Karanganyar Abdul Muid, kepada wartawan di sela-sela sarasehan Baznas di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (27/4).

Abdul Muid mengatakan, penerimaan dana zakat di Karanganyar tentu ini sangat menggembirakan karena berarti kesadaran masyarakat khususnya kaum muslimin menyalurkan zakat lewat lembaga Baznas semakin baik. Untuk bulan Maret lalu, Baznas Karanganyar menerima Rp 509.137.458 sedangkan bulan April Rp 457 998 003.

“Penerimaan sudah stabil berkisar Rp 500 juta per bulannya. Dulu hanya berkisar Rp 300 juta per bulan,” kata Abdul Muid.

Dikatakan, selama ini Baznas hanya mengandalkan pada PNS di lingkungan Pemkab Karanganyar saja, kemudian meluas ke instansi pemerintah lainnya. Namun bersamaan dengan Ramadhan tahun lalu mulai diaktifkan unit pengumpul zakat di masjid yang diharapkan bisa menitipkan dana zakat ke Baznas untuk dikelola lebih baik.

‘’Selain UPZ, kami juga mulai mengajak para pengusaha untuk menggerakkan zakat di lingkungannya, utamanya dimulai dari para manajer atau yang memang sudah memiliki gaji memadai untuk mengeluarkan zakat,’’ kata Muid yang mantan Kepala Kemenag Karanganyar.

Lebih lanjut Abdul Muid menambahkan model Tasaruf (penyaluran) zakat di Karanganyar dilakukan dengan 5 program. Pertama, Karanganyar Peduli diperuntukkan Fakir miskin, bencana alam. Kedua,Karanganyar Pintar misal digunakan untuk beas siswa, pelatihan-pelatihan. Ketiga, Karanganyar Sehat misal digunakan untuk khitanan massal, operasi katarak dan lain-lain. Sesangkan keempat adalah Karanganyar Sejahtera digunakan membina desa barokah, baru 2 Kelurahan Jantiharjo, Kecamatan Karanganyar Kota.

“Terakhir adalah Karanganyar Taqwa diperuntukkan bagi pemberian bantuan tempat ibadah, sekolah dan madrasah, sekolah Qiroah, bantuan TPQ TPA, bantuan syiar agama,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge