0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Paskah Akbar Kristiani Surakarta 2015 Akan Libatkan Berbagai Unsur Masyarakat

Dok: Timlo.net/ Desmanita.
Panitia Paskah Akbar Kristiani Solo 2015. (Dok: Timlo.net/ Desmanita.)

Solo—Paskah Akbar Kristiani Surakarta 2015 yang akan digelar Rabu, 29 April melibatkan berbagai unsur masyarakat. Acara Paskah ini merupakan Paskah gabungan unsur Kristiani di Surakarta: Katolik, Kristen dan Kristen Protestan.

“Acara  ini merupakan momen pertama yang diadakan di Solo. Sekalipun momen ini merupakan momen untuk umat Kristiani, tapi fokus kami adalah iman universal, jadi kami melibatkan berbagai unsur masyarakat Kota Solo,” ujar Romo Antonius Budi (Romo Vikep Kevikepan Surakarta) yang menjadi salah satu penggagas acara dalam jumpa pers yang digelar di GBI Keluarga Allah, Solo, Senin (27/4) pagi. Berbagai elemen yang dilibatkan salah satu di antaranya adalah Banser Solo yang menyediakan keamanan dalam acara ini.

Ketua Umum Paskah Kristiani Surakarta 2015, Pendeta Obaja Tanto Setiawan mengatakan acara ini akan digelar supaya masyarakat Kristiani di Solo bisa menghayati dan meneladani pengorbanan Tuhan Yesus. “Jadi kita bisa sungguh-sungguh berkorban bagi kemajuan kota Solo dan bangsa Indonesia. Memberikan contoh dan teladan yang baik bagi masyarakat,” ujarnya dalam jumpa pers.

Paskah Akbar ini mengambil tema “Bertemu dengan Dia, Bersyukur dan Peduli” dan akan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah kirab yang akan dimulai pukul 15:00 WIB dari Kotta Barat hingga ke Stadion Sriwedari. Peserta kirab diperkirakan mencapai 1211 orang, dibagi menjadi tiga kelompok. “Peserta kirab dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok nasional, kelompok rohani dan kelompok budaya,” terang Obaja.

Pembagian kelompok dimaksudkan untuk mewakili keberagaman unsur masyarakat Solo yang dilibatkan dalam acara ini, kata Sekretaris Umum Panitia Paskah Akbar Kristiani Surakarta 2015, Pendeta Jimmy Sanger. Setelah acara kirab, pada pukul 18:00 akan diadakan sesi kedua berupa ibadah yang digelar di Stadion Sriwedari. Acara ibadah ini diperkirakan diikuti oleh 15 ribu umat Kristiani di Solo.

Tema utama yang diangkat dalam acara Paskah Akbar ini adalah kesatuan. Oleh karena itu ada berbagai unsur masyarakat yang akan dilibatkan. Selain itu, menurut salah satu penggagas acara, Pendeta Anthon Karundeng, Sth, dalam acara ini juga akan digelar doa bersama yang melibatkan para pemimpin dari berbagai agama sebagai wujud kesatuan dan kepedulian terhadap bangsa dan negara Indonesia.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge