0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Juara Kicau Mania, Bisa Beli Mobil Mewah

Peserta dari berbagai daerah mengikuti kicau lomba burung Danjen Kopassus Cup 2015 di Markas Grup-2 Kopassus Kandang Menjangan, Kartasuro, Sukharjo (timlo.net/achmad khalik)

Sukoharjo — Ribuan pasang mata nampak serius menyaksikan pertandingan lomba kicau burung di Markas Grup-2 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo Minggu (26/4) siang. Sesekali diantara peserta melambai-lambaikan tangan untuk memberi semangat kepada burung peliharaannya supaya terus berkicau.

Meski harus berjejalan diantara besi pembatas di Lapangan Birawa Yudha, namun antusiasme peserta lomba ini tidak pernah surut. Sedari pagi, mereka telah berkerumun menyaksikan burung kicau aduannya bertanding.

Salah seorang peserta, Yoga (35) bahkan sejak subuh tadi telah mempersiapkan berbagai kebutuhan burung kicau aduannya. Lelaki asal, Salatiga ini yakin burung jenis murai batunya mampu meraih juara.

“Sejak subuh tadi sudah berada disini. Saya, ikut kelas Murai Batu piala Danjen Kopassus, Meyjen TNI Doni Monardo Cup 2015,” terang pria yang telah melanglang ke berbagai daerah untuk mengikuti lomba kicau mania.

Semangat Yoga terdorong lantaran setiap mengikuti lomba dapat mendongkrak harga jual burung kepunyaannya. Bahkan, harga burung jenis Murai Batu yang telah menjadi juara nasional mampu melejit hingga ratusan juta rupiah.

“Ya hanya sebatas hobi. Kalau harganya sudah jadi juara dapat beli mobil mewah satu,” ujarnya sambil berkelakar.

Koordinator juri, Suwarjono mengatakan, ada empat hal yang dinilai dalam Danjen Kopassus Cup 2015. Diantaranya, irama lagu burung mencakup 60 persen, dan sisanya volume suara, gaya serta fisik burung. Dia membenarkan, jika burung yang menang dalam tingkat nasinal harganya akan meroket tajam.

“Tadi ada yang sudah ditawar Rp 500 juta. Dalam perlombaan tingkat nasional sangat mempengaruhi harga jual,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Dangrup-2 Kopassus , Kolonel Inf Richard Tampubolon mengatakan terdapat ribuan peserta dari berbagai propinsi di Indonesia yang turut serta dalam kegiatan puncak HUT Kopassus ke 63 itu. Dalam perlombaan tersebut, ada 26 kelas yang dilombakan. Salah satunya adala piala Danjen Kopassus Meyjend TNI Doni Monardo.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin merekatkan komunitas pecinta burung di Indonesia. Selain itu juga, untuk melestarikan kekayaan fauna khususnya burung khas Indonesia,” jelas Dangrup.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge