0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Hubungan Antara Kesehatan Gigi dan Alat Kelamin Pria

Dok: Timlo.net/ Google Images.
Pasta gigi. (Dok: Timlo.net/ Google Images.)

Timlo.net–Tidak sikat gigi bisa membuat gigi rusak dan hal ini berdampak pada kesehatan alat kelamin para pria. Menurut sebuah penelitian dari Taiwan, kesehatan gigi yang buruk bisa mengurangi kemampuan pria berereksi.

Dalam penelitian itu, pria dengan disfungsi ereksi , memiliki kemungkinan 79 persen menderita chronic periodontal disease (CPD). CPD adalah sebuah infeksi yang terjadi saat gusi terpisah dari gigi. Hal ini menyebabkan adanya lubang di antara gusi dan gigi yang didiami bakteri. Makhluk ini akan menyebar hingga ke tulang di sekitar gigi.

Peradangan kronis disebabkan penyakit gusi bisa merusak sel endothelial Anda, yang membentuk lapisan di seluruh pembuluh darah, termasuk yang ada di alat kelamin. Kerusakan endothelial bisa menyebabkan gangguan pada aliran darah, menyebabkan alat kelamin tidak bisa tegak, kata Larry Lipshultz M.D., seorang penasehat urologi untuk Men’s Health.

Menurut para ahli solusi untuk masalah ini adalah dengan mencabut gigi yang terinfeksi. Tapi hal ini bisa dicegah bila kita memiliki kebiasaan membersihkan gigi secara teratur dan rutin melakukan perawatan ke dokter gigi.

Bila penyakit ini ditemukan saat di tahap lanjut, Anda mungkin harus dioperasi untuk mengurangi kantong di gusi dan mengembalikan tulang yang hilang, kata Sally J. Cram, D.D.S, penasehat konsumen dari the American Dental Association (ADA).

Setelah penyakit sembuh, dia menyarankan pembersihan teratur di dokter gigi setiap tiga bulan sekali.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge