0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Elevasi Meningkat, Waduk Kedung Ombo Siaga

Elevasi air Waduk Kedung Ombo naik, lahan persawahan tergenang (timlo.net/nanin)

Boyolali — Intensitas hujan yang masih tinggi mengakibatkan elevasi air di Waduk Kedung Ombo, Kemusu, mengalami peningkatan. Elevasi air pada Minggu (26/4) tercatat 90.10 mdpl. Kondisi ini mengakibatkan air mengenang ke areal persawahan. Sementara di kampung Mlangi, Dusun Balairejo, Desa Genengsari, air sudah mencapai tepian jalan perkampungan.

“Ini sudah harus waspada, kalau hujan lebat malam ini, elevasi bisa terus meningkat,” ujar Kadus IV Desa Genengsari, Joko Widodo, Minggu (26/4).

Dijelaskan, untuk wilayah Genengsari, Kemusu, bila elevasi waduk terus meningkat yang perlu diwaspadai adalah kampung Mlangi. Perkampungan ini yang paling dekat dengan waduk. Seperti tahun lalu, bila elevasi air mencapai 92 mdpl, air akan masuk ke rumah-rumah warga.

“Di Mlangi saat ini sudah ada dua kebun warga yang terendam luapan WKO,” imbuhnya.

Pihaknya terus melakukan pemantauan peningkatan elevasi air di WKO, laporan peningkatan air diterima setiap pukul 18.00 WIB setiap harinya dari petugas di Bendung Kedung Ombo. Warga juga sudah dihimbau untuk waspada bila air waduk meluap dan mengenangi perkampungan.

“Kalau hujan deras, warga waspada dan berjaga-jaga,” ujarnya.

Sementara itu, di Desa Sidomulyo, Kemusu, air waduk sudah mulai mengenangi areal persawahan warga yang berada di pinggir waduk. Tanaman di lahan pasang surut yang terendam yakni jagung dan padi. Rata-rata jagung yang terendam berusia sekitar dua bulan. Setidaknya ada sekitar 45 hektar yang terendam air.

“Belum waktunya panen, jadi sebagian masih dibiarkan,” ungkap Kades Sidomulyo, Marjono.

Kenaikan air di WKO sudah dirasakan warga sejak dua pakn ini. Berapa kerugian akibat meluapnya air WKO, pihaknya belum mengetahuinya. Hanya untuk saat ini, sebagian warga sudah mulai memindahkan hewan ternak mereka ke tempat yang lebih aman. Selain itu, warga juga sudah menyiapkan perahu untuk mengevakuasi barang-barang bila banjir datang tiba-tiba.

“Siaga saat ini, kemungkinan air masih akan terus bertambah menyusul intensitas hujan yang masih tinggi,” tambahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge