0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Tarik 290 Pekerja Anak

timlo.net/nanin
Hak anak belajar dan bermain sering terabaikan hanya karena persoalan ekonomi (timlo.net/nanin)

Boyolali — Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Boyolali, menarik 290-an pekerja anak. Mereka bekerja dibidang yang tidak sesuai dengan perkembangan usia anak. Bahkan mereka banyak bekerja di tempat terburuk sebagai anak-anak. Pekerja anak yang ditarik selanjutnya akan mendapatkan pendidikan lanjutan.

“Ini sangat memprihatinkan,karena masih banyak anak-anak yang dipekerjakan, nanti akan kita telusuri lagi,” ungkap Sekretaris Disdikpora, Darmanto, Minggu (26/4).

Dijelaskan, pekerja anak kebanyakan berusia 7-15 tahun dan dipekerjakan di tempat yang terburuk dan tidak layak. Kondisi ini mengakibatkan hak-hak dasar anak maupun kehidupan sosialnya terhapus karena bekerja. Mereka kebanyakan bekerja di sektor pertanian, seperti tenaga  buruh mencangkul, buruh memetik di perkebunan dan buruh petik sayur di ladang tanaman holtikultura serta bekerja sebagai pembantu di warung makan.

“Untuk anak yang bekerja di perusahaan tidak ada,” imbuhnya.

Tujuan utama penarikan anak sebagai pekerja  agar anak tetap bisa melanjutkan pendidikanya. Diakui, kasus pekerja anak ini sangat dilematis. Salah satunya membantu perekonomian keluarga. Bahkan hal ini justru dilakukan anak tanpa paksaan, namun memang keinginan mereka sendiri.

“Ini yang harus segera disikapi,jangan sampai masa kanak-kanak hilang karena bekerja,” tuturnya.

Kabid Pemberitaan Humas dan Infokom Setda Boyolali, Warsono menambahkan, di Boyolali terdapat ratusan pekerja anak. Sebanyak 150 di antaranya sudah ditarik tahun lalu dan ditempatkan di lima klaster untuk pemberian motivasi dan bimbingan selama satu bulan.

Pekerja anak tersebar di hampir seluruh kecamatan kecuali Sawit dan Boyolali Kota. Jumlah terbanyak pekerja anak ditemukan di wilayah Kecamatan Selo disusul Kecamatan Ampel, Wonosegoro dan wilayah Kecamatan Cepogo.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge