0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Upayakan Bangun Sistem Peringatan Dini di Kali Pepe

dok.timlo.net/achmad khalik
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo didampingi Walikota Solo FX Rudy Hadyatmo meninjau Puskesmas Banyuanyar, Banjarsari (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo – Tidak ingin kecolongan untuk ketiga kalinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal mengupayakan adanya Early Warning System (EWS) atau Sistem Peringatan Dini  di sepanjang Kali Pepe. Dengan adanya EWS itu, diharapkan banjir kiriman bisa segera dideteksi.

“Nanti akan kita usulkan ke Balai Besar (Balai Besar Wilayah Sungai Bengawasan Solo – red) ada alat untuk mendeteksi elevasi air. Paling tidak ada yang memonitor ketinggian air,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo kepada wartawan, Minggu (26/4).

Sejauh ini, lanjut Rudy, Pemkot baru memiliki EWS di Sungai Bengawan Solo. Pasalnya, selama ini, ancaman banjir lebih banyak terjadi di bantaran Sungai Bengawan Solo.

“Kalau dari Sungai Bengawan Solo kan ada yang memonitor ketinggian air,” kata dia.

Selain mengusahakan alat pendeteksi elevasi air, Pemkot juga akan lebih menjalin koordinasi dengan Pemkab Boyoyali. Dengan demikian, ketika ketinggian air Kali Pepe di wilayah Boyolali naik, Pemkot Solo bisa siaga.

“BPBD Boyolali juga harus punya alat untuk mendeteksi saat air Kali Pepe Boyolali itu naik. Terutama di Bendungan Lasem. Itu yang perlu dipasang,” ujar dia.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Solo, Dono Tumpo menambahkan, Pemkot Solo memang belum adanya sistem peringatan dini banjir di kawasan Solo utara. Terlebih, banjir di Solo utara juga sangat bergantung dengan kondisi cuaca.

“Banjir kiriman itu tergantung cuaca. Jadi sulit diprediksi. Asal hujannya deras ya sudah,” ungkap dia.

Untuk diketahui, banjir, Rabu (22/4) malam yang melanda kawasan Solo utara disebabkan oleh luapan Kali Pepe dan Kali Anyar. Banjir itu merupakan banjir kiriman dari Boyolali. Lima tahun lalu atau tahun 2008, banjir serupa juga terjadi. Banjir kali ini lebih parah dibanding lima tahun lalu.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge