0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Disbudpar Boyolali Amankan Temuan Candi

Timlo.net - Nanin
Evakuasi benda purbakal berupa candi peninggalan abad 8 di Desa Kragilan,Mojosongo,menunggu rekomendasi dari BCB Prambanan (Timlo.net - Nanin)

Boyolali – Upaya penyelamatan temuan benda purbakala candi di Desa Kragilan, Mojosongo,Boyolali, dari tangan-tangan jahil segera dilakukan. Sementara waktu, dinas menggandeng pihak desa setempat ikut serta dalam pengamanan benda yang diduga dibuat pada abad 8 jaman Kerajaan Mataram Hindu.

“Tetap kita lakukan pengamanan dan pengawasan,karena temuan tersebut sudah dicek ternyata memang masuk benda purbakala,” ungkap Kepala Disbudpar Boyolali, Mulyono Santoso, Sabtu (25/4).

Namun, untuk pengangkatan benda purbakala berbentuk candi lengkap dengan patung Dewa Siwa, pihaknya masih menunggu rekomendasi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB). Diakui, saat ini, baru dilakukan koordinasi antar kedua belah pihak untuk segera mungkin melakukan penyelamatan.

“Kemungkinan masih ada candinya, untuk nanti digali atau tidak,kita masih tunggu BPCB,” imbuhnya ditemui di Pendopo Kemiri.

Disisi lain, untuk pengangkatan benda purbakala berupa candi tersebut dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Sedangkan pihaknya saat ini belum mengalokasikan anggaran tersebut. Namun berapa nominal yang dibutuhkan, Mulyono masih menunggu kajian BCB.

“Kita tunggu BCB,mereka yang lebih paham,” tandasnya.

Sebelumnya, benda cagar budaya berupa candi lengkap dengan patung Dewa Siwa dan lingga ditemukan di tanah Oro-oro Desa Kragilan, Mojosongo. Temuan benda purbakala berupa candi dalam kondisi utuh, ini untuk yang pertama kali di Boyolali.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge