0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anggaran Pilkada Boyolali Dipangkas

dok.merdeka.com
ilustrasi (dok.merdeka.com)

Boyolali – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Boyolali melakukan penghematan besar-besar untuk alokasi anggaran Pilkada Desember mendatang. Dari usulan KPUD senilai Rp 25 Miliar, TAPD memangkas menjadi Rp 18,60 M. Pemangkasan anggaran ini dengan asumsi jumlah pasangan calon (Paslon) dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 dari empat menjadi tiga paslon.

“Jumlah paslon menjadi pertimbangan untuk menekan anggaran Pilkada 2015,” ungkap Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Boyolali, Untung Rahardjo, Sabtu (25/4).

Dijelaskan, TAPD telah selesai mencermati anggaran pilkada yang diusulkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali. Jika sebelumnya KPU mengusulkan anggaran pilkada Rp 25 Miliar, saat ini ditekan menjadi Rp 18,6 Miliar.

Selain itu, TPAD juga mengurangi jumlah tempat pemungutan suara (TPS) dari 1.654 TPS menjadi 1.257 TPS. Pengurangan jumlah TPS ini tetap memperhatikan tingkat partisipasi masyarakat.

Satu TPS nantinya bisa menampung 800 pemilih. Selain itu juga memperhatikan faktor goegrafis dan partisipasi.

Selain pengurangan TPS, TPAD juga melakukan penghematan anggaran untuk alat peraga kampanye yang sebelumnya diusulkan Rp 5,6 Miliar menjadi Rp 723 Juta. Diakui, pengurangan yang dilakukan tim sangat banyak. Pasalnya, tidak KPUD saja yang mengalokasikan anggaran untuk Pilkada,namun juga instansi lain seperti Polres dan Kodim.

“Kalau sudah sah,nanti kita cairkan sesuai kebutuhan,” imbuhnya.

Ketua DPRD Boyolali, S Paryanto, menyampaikan pembahasan di internal TAPD nanti akan dibahas lagi di legislatif. Diakui, penghematan yang dilakukan masih belum final. Pihaknya masih akan melakukan pengkajian.

“Belum final, bisa tetap Rp 18,6 M atau berkurang lagi,tunggu pembahasan dulu,” ujarnya.

Paryanto berharap TAPD segera mengajukan perubahan anggaran pilkada ke DPRD Boyolali untuk segera dibahas mengingat saat ini tahapan pilkada sudah dimulai.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge