0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Samsung Selidiki Cacat Pada Fingerprint Galaxy S5

Dok: Timlo.net/ CNET.
Galaxy S5. (Dok: Timlo.net/ CNET.)

Timlo.net–Firma keamanan FireEye mengungkap sebuah cacat program yang bisa membuka peluang bagi para hacker untuk mencegat data sidik jari (fingerprint) di Samsung Galaxy S5.

Seperti diberitakan Forbes, informasi fingerprint disimpan di “secure zone” atau wilayah aman di smartphone itu. Tapi menurut FireEye, mencuri data sidik jari masih mungkin. Hal ini dilakukan dengan mencegat data saat dipindah dari tangan sang pengguna ke wilayah aman itu.

“Jika sang penyerang bisa membobol kernel, walaupun dia tidak bisa mengakses data fingerprint yang tersimpan di wilayah aman, dia bisa secara langsung membaca sensor sidik jari kapan pun,” kata seorang peneliti FireEye kepada Forbes. “Setiap kali Anda menyentuh sensor sidik jari, sang penyerang bisa mencuri sidik jari Anda,” tambahnya.

Begitu sang hacker memiliki data sidik jari itu, dia bisa melakukan apapun yang dia mau dengan data itu, kata para ahli.

Galaxy S5 bukanlah satu-satu ponsel yang memiliki masalah ini. FireEye berkata kepada Forbes bahwa ada beberapa alat Android yang memiliki masalah yang sama. Sayangnya mereka tidak bersedia menyebut nama. Cacat program ini (bug) tidak mempengaruhi sistem operasi Android 5.0 Lollipop atau OS yang lebih baru.

Samsung berkata bahwa mereka menganggap masalah data dan privasi pengguna dengan sangat serius dan sekarang ini sedang menyelidiki klaim FireEye.

FireEye direncanakan untuk membicarakan masalah ini dalam ajang RSA Conference, Sabtu (25/4) waktu setempat. Ini bukan kali pertama sensor sidik jari S5 dikritik. Tahun lalu, Security Research Labs (SRLabs) dari Jerman menjelaskan secara detil bagaimana mereka mengakses S5. Smartphone itu dilindungi dengan sensor sidik jari. Tapi mereka berhasil membobolnya dengan menggunakan cetakan latent print, yaitu sebuah jenis bukti sidik jari forensik.

Tapi Android bukanlah satu-satunya OS yang bermasalah. Sebuah cacat program iOS bisa menyebabkan iPhone mengalami crash dan reboot berkali-kali.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge