0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kejayaan Batu Akik akan Berlangsung Lama?

Ilustrasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Banyak yang meramal kejayaan batu akik tidak akan bertahan lama. Namun banyak juga yang menduga tren batu akik dapat terus bertahan lebih lama, bahkan sampai mendunia.

“Tren biasanya cepat. Tapi ada fenomena cukup menarik karena yang memasarkan juga lapisan atas dan juga akik dijadikan souvenir itu para pimpinan KAA itu artinya sudah dipromosikan dan mendunia,” kata sosiolog, Musni Umar saat dihubungi merdeka.com, Jumat (24/4).

Ditambahkan, upaya yang terus menerus dan kompak dalam memasarkan dan mengenalkan batu akik ke dalam dan ke luar negeri diindikasikan akan menimbulkan efek positif.

“Ini tren yang bagus, seluruh lapisan masyarakat terpanggil untuk ini, ini unsur bisnis dan transaksi berjalan baik dan akan terus menjadi perbincangan di masyarakat. Itu akan menjadi gengsi tidak lagi batu akik untuk orang kecil tapi untuk orang besar kayak emas seperti berlian mutiara yang akhirnya diperdagangkan,” tambahnya lagi.

Namun hal sebaliknya bisa terjadi, jika upaya dan dukungan pemerintah mulai surut dan tidak ada pengembangan lagi. “Harus juga sudah mulai dilakukan promosi dan dibuat dalam bentuk yang bagus dari perak. Ke depan tergantung dari kemampuan promosi batu akik propinsi,” tandasnya.

Kendati demikian, eksploitasi dan sosialisasi perlu diiringi oleh peraturan pemerintah sehingga penggunaannya tidak merusak alam dan sesuai aturan. [lia]

Sumber: merdeka.com



loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge