0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Kartini Jangan Hanya Peringatan Seremonial Saja

merdeka.com
Venna Melinda (merdeka.com)

Timlo.net — ┬áMasih dalam semangat Kartini yang membara, salah satu aktris Indonesia yang kini menjadi anggota DPR RI Komisi X periode 2014-2019, Venna Melinda, berbagi pemikirannya seperti apa semangat Kartini diaplikasikan di dunia modern seperti sekarang ini. Ia tak ingin jika Hari Kartini hanya sebagai sebuah peringatan seremonial saja tanpa punya makna berarti.

“Saya pengennya jangan untuk seremonial saja, pakai baju kebaya, acara pembacaan puisi dan lain-lain. Tetapi semangat Kartini dari dulu sampai sekarang, kiprah perempuan Indonesia harus lebih ditingkatkan. Sekarang UU Parpol 30 persen anggotanya perempuan, supaya keterlibatan kita di bidang politik bisa dipilih untuk legislatifnya,” jelasnya.

Ia juga mengatakan jika perempuan Indonesia kini lebih multifungsional karena tuntutan zaman. “Saya berharap perempuan Indonesia harus bisa meluruskan bahwa kita punya culture dan globalisasi seperti sekarang (modern). Kalau wanita karir lebih ke perekonomian dan terkait ke dunia politik juga. Kenapa perempuan multi fungsi, karena memang sekarang zamannya seperti itu,” ujarnya.

Selain itu menurut Venna, perempuan juga bisa jadi agen anti korupsi. “Kayak tadi saya hadir sebagai perempuan anti korupsi. Buat saya perempuan tidak hanya bisa jadi kepala keluarga, tetapi bisa juga jadi agen krusial, salah satunya korupsi. Perempuan bisa jadi ibu juga, dan gimana anak-anak kita dididik untuk tidak korupsi, dan mengajak suami kita untuk tidak melakukan hal itu,” bebernya.

Untuk bisa membangkitkan semangat para wanita Indonesia dan meneruskan perjuangan Kartini, Venna tak ingin kembali dulu ke dunia hiburan tanah air.”Nggak comeback di dunia entertain dulu. Saya konsisten jadi anggota DPR. Tetapi kalau ada talk show, kenapa tidak. Kalau pun sekarang orang lihat saya wara-wiri, saya pasti ada pesannya,” ungkap ibu Verrell Bramasta ini.

“Bagi saya semuanya Kartini. Menjadi ibu rumah tangga juga bisa dibilang Kartini. Yang penting semangatnya,” tandasnya.

(kpl/aal/tch)

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge