0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dana Relokasi Bencana Rp 1,92 Miliar Cair

ilustrasi bencana (timlo.net/nanang)

Karanganyar – Dana relokasi tahap pertama dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bagi warga terdampak longsor dan tanah ambles di Karanganyar akhirnya cair. Dana senilai Rp 1,92 miliar tersebut, dialokasikan untuk pemulihan dan pembangunan rumah relokasi warga yang terdampak bencana tersebut.

“Bantuan tersebut selanjutnya akan dibagikan ke masing-masing keluarga senilai Rp 20 juta,” ungkap Bupati Juliyatmono, kepada wartawan, Jumat (24/4).

Menurut Juliyatmono, selanjutnya akan dana bantuan dari kabupaten senilai Rp 10 juta dan provinsi sebesar Rp 15 juta. Dengan demikian, warga yang mengikuti program relokasi tersebut akan mendapat bantuan total senilai RP 45 juta.

“Dari kabupaten, mungkin minggu depan kita mendahului perubahan APBD. Sementara untuk bantuan tahap kedua, sedang diproses juga agar bisa segera disusulkan,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Nugroho menjelaskan, pihaknya sudah memberikan laporan kepada Pemkab Karanganyar terkait konsep draft regulasi pelaksanaan relokasi. Dirinya ingin mekanisme relokasi berjalan dengan tepat, bagi 96 Kepala Keluarga (KK) yang diusulkan tersebut.

“Kita kan harus mempertanggungjawabkan dana bantuan senilai Rp 1,92 Miliar lebih itu. Belum lagi, nanti masih ada dana bantuan dari kabupaten dan provinsi,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge