0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sragen Sekarang Punya Layanan Autis

timlo.net/agung widodo
Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman saat meresmikan Pusat Layanan Autis (PLA) Sragen. (timlo.net/agung widodo)

Sragen — Kabupaten Sragen sekarang telah memiliki Pusat Layanan Autis (PLA). Dengan diresmikannya Gedung PLA oleh Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman Kamis (23/4), maka di Indonesia kini memiliki 24 PLA. Karena tidak semua kabupaten/kota yang ada di Indonesia memiliki PLA.

“PLA Sragen ini satu dari 24 PLA yang ada di Indonesia dan di Jateng hanya ada dua, satunya di Solo,” kata Kepala PLA Sragen, Djoko Sambodo kepada wartawan.

Dia menjelaskan, PLA ini dilengkapi dengan 24 orang tenaga teraphi yang berpengalaman. Sedangkan siswa yang akan diasuh sampai saat ini terdapat 75 orang dari SLBN Negeri di Sragen dan 24 orang dari luar SLBN.

Dengan pembangunan PLA di Sragen diharapkan mampu menjadi tempat bimbingan dan psikologi yang mampu membantu anak- anak autis bersosialisasi dengan teman sebaya. Selanjutnya PLA ini tidak hanya akan melayani penderita autis di Kabupaten Sragen namun dari berbagai daerah termasuk dari daerah Jawa Timur yang berdekatan dengan Kabupaten Sragen.

Gedung PLA ini sendiri berlokasi di Jalan Kapten Tendean, Kampung Sidomulyo RT 53/RW 01, Kelurahan  Sragen Wetan dan berdiri di lahan seluas 1,6 hektar.

Kepala Dinas Pendidikan Sragen, Moh Sauman mengatakan, PLA merupakan unit pelayanan teraphy dan pendidikan yang memberikan fasilitas dan dukungan layanan pendidikan untuk anak-anak berkebutuhan khusus, terutama anak Autis di sekolah ataupun masyarakat.

Sauman menjelaskan, ada beberapa layanan yang akan diberikan. Diantaranya Layanan assesment, intervensi terpadu, intervensi psikologi, terapi perilaku, terapi wicara, okupasi, terapi fisik, sensori integritas, terapi snoezelen, akademik/kognitif, terapi musik dan kelas sosialisasi.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge