0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terpidana Mati Dijenguk Perwakilan Negara Masing-masing

dok.merdeka.com
Lapas Nusakambangan (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Jelang eksekusi, terpidana mati dijenguk perwakilan dari negara masing-masing di Nusakambangan. Ada lima negara yang akan menjenguk mereka Sabtu (24/4) besok, yakni Australia, Brasil, Prancis, Filipina, dan Nigeria.

“Saya memperoleh informasi dari Kemenlu bahwa perwakilan dari negara-negara di mana warga negaranya akan dieksekusi sudah diundang untuk datang ke Nusakambangan hari Sabtu besok,” kata Kepala Pusat dan Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Tony Tribagus Spontana di Kejagung, Jumat (24/4).

Tony mengatakan, perwakilan negara tersebut nantinya akan memberitahukan kepada keluarga masing-masing terpidana mati waktu pelaksanaan eksekusi.

“Tujuannya untuk pemberitahuan notifikasi bahwa akan segera dieksekusi. Perwakilan boleh mengunjungi sampai hanya ada petugas lapas, dokter dan psikiater,” ujarnya.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung memastikan eksekusi mati gelombang kedua terhadap sepuluh terpidana mati akan dilakukan dalam waktu dekat ini menyusul keputusan Mahkamah Agung yang menolak dua permohonan Peninjauan Kembali (PK) terpidana narkoba Martin Anderson asal Ghana dan Serge Areski Atlaoui asal Prancis.

Namun saat ini Kejagung masih menunggu putusan PK yang diajukan terpidana kasus narkoba asal Indonesia, Zainal Abidin yang akan diputus hari ini.

“Kita harapkan PK Zainal Abidin secepatnya diputuskan sehingga kita ada kesempatan untuk menentukan hari H pelaksanaan eksekusi,” kata Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejagung Tony Tribagus Spontana.

[dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge