0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPBD Boyolali: Waspada, Hujan Lebat Hingga Mei

(Ilustrasi) Banjir bandang (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Hingga satu bulan ke depan, hujan masih menguyur wilayah Boyolali. Untuk itu, warga di daerah rawan banjir dihimbau untuk lebih waspada kemungkinan adanya banjir susulan. Pasalnya, intensitas hujan di wilayah
Boyolali masih sangat tinggi. Hal ini berdasarkan hasil prediksi BMKG yang diterima BPBD Boyolali.

“Prediksi BMKG hingga minggu ketiga bulan Mei, hujan masih sangat tinggi untuk wilayah Boyolali,” ungkap Kepala Badan Penanggulagan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Nur Khamdani, Jumat (24/4).

Saat ini, berdasar data yang diperoleh pihaknya dari BMKG, curah hujan yang turun di Boyolali mencapai 201-300 mm per detik. Curah hujan itu jauh di atas curah hujan normal yang rata-rata hanya mencapai 101-150 mm per
detik. Tingginya curah hujan yang turun ke permukaan tanah akan mengakibatkan genangan dan rawan terjadinya banjir susulan.

Untuk pencegahan sejak dini, pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran ke camat di wilayah yang berpotensi terjadinya banjir susulan. Surat edaran tersebut berisi agar para camat lebih meningkatkan koordinasi dengan kepala desa dalam situasi tanggap darurat menghadapi bencana.

“Tidak hanya banjir, tapi juga berpotensi terjadi tanah longsor dan angin puting beliung,” tambahnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge