0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalan Rusak, Akses 4 Desa di Musuk Terganggu

dok.timlo.net/nanin
Akses jalan warga di empat desa di Musuk rusak parah (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali —  Akses jalan utama bagi warga di empat desa di Kecamatan Musuk, Boyolali, rusak parah. Kerusakan jalan terparah berada di Jembatan Semaduh yang merupakan penghubung antara Desa Lanjaran dengan Desa Sumur. Kerusakan jalan diperparah dengan longsoran tebing yang sering menutup jalur tersebut.

“Sudah hampir setahun ini rusaknya, kalau hujan ngeri sekali kondisi jalannya,” ungkap Sekretaris RT 001/RW 004, Desa Sumur, Suyatno, Jumat (24/4).

Dijelaskan, panjang jalan yang rusak di Jembatan Semadoh sekitar 150 meter. Kondisi jalan dipenuhi dengan batuan kerikil. Hal ini sangat membahayakan bagi pengguna jalan terutama saat hujan, pasalnya kerusakan berada di
tanjakan. Saat hujan, air masuk ke jalan dan mengakibatkan aspal jalan mengelupas. Selain itu, jalan menjadi sempit karena tertutup tanah longsor.

“Banyak yang terjatuh karena terpeleset,” tambahnya.

Warga berharap ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali untuk perbaikan infrastruktur di wilayah Sumur dan Lanjaran, serta Musuk pada umumnya. Jalur di sekitar Jembatan Semaduh itu menjadi akses utama perekonomian warga Sumur dan Lanjaran.

“Ini akses utama petani yang mau menjual hasil bumi ke pasar dan anak-anak sekolah dari Sumur, Jemawa, dan Sangup yang mau sekolah ke Boyolali lewat jalan itu,” imbuhnya.

Warga sebetulnya bisa mengambil jalur alternatif lain untuk menghindari kerusaka, namun jaraknya terlalu jauh. Usulan perbaikan jalan rusak tersebut berulang kali sudah disampaikan dalam Musrembang. Hanya saja, hingga saat ini belum teralisasi, apalagi anggaran desa tidak mampu untuk memperbaikinya.

Kepala Desa Sumur, Siti Prihatin, menjelaskan kerusakan jalan ada di sebelah utara Jembatan Semaduh masuk wilayah Desa Lanjaran. Tetapi, selama ini jalan tersebut menjadi akses utama warga empat desa, yakni Sumur,
Sangup, Jemawa, dan Lanjaran. Pihaknya bersama tiga kepala desa lainnya, sudah mengupayakan perbaikan secara swasembada.

“Kami sudah sepakat untuk bersama-sama memperbaiki jalan tersebut,” jelasnya.

Selain jalan Sumur-Lanjaran, Siti juga menyampaikan saat ini Pemdes Sumur sedang mengupayakan berbagai pembiayaan untuk perbaikan infrastruktur di Sumur. Untuk tahun ini, pihaknya mendapat bantuan dari Gubernur Jateng, yang nantinya akan digunakan untuk perbaikan jalan di Dusun Magersari.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge